SMKN 1 Pangsid Masuk dalam Penilaian Adipura

Reporter :
Editor : Lucky
Tim Penilai Adipura menilai tempat pengomposan SMK 1 Pangsid, Sabtu (19/11/2016)
Tim Penilai Adipura menilai tempat pengomposan SMK 1 Pangsid, Sabtu (19/11/2016)

Online24, Sidrap – Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) Negeri 1 Pangsid masuk dalam Kategori Penilaian Adipura yang akan dilaksanakan hari ini, Sabtu (19/11/2016). Wakil Kepala SMKN 1 Pangsid, Abdul Rahman, mengatakan bahwa sekolahnya masuk dalam kategori penilaian Adipura setelah ditunjuk langsung Pemerintah Kabupaten Sidrap sebagai titik pantau.

“Selain itu, sekolah ini mempunya program Adiwiyata yang sudah terlaksana sejak 2013 dan telah meraih sertifikat Lomba Adiwiyata baik tingkat provinsi maupun nasional,” ucap Rahman.

Terbentuknya program Adiwiyata ini bertujuan untuk mengkoordinir lahan kosong sekolah menjadi lebih bermanfaat. Dibuat seperti hutan sekolah, pengolah limbah plastik, kantin sehat, tanaman hidroponik, pengoposan, pemilahan pemanfaatan limbah, dan kolam ikan.

“Dalam program lingkungan hidup yang kami terapkan ini merupakan salah satu cara untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup,” ucap Rahman.

“Dari sini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif,” tambahnya.

Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan keasadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Program ini merupakan salah satu cara untuk menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah.

“Sehingga di kemudian hari, warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan,” pungkasnya.(*)