JK Bertemu Mark Zuckerberg Bahas Konektivitas Internet di Indonesia

Editor : Lucky
Wapres RI, Jusuf Kalla, tiba di Lima, Peru, untuk hadiri APEC, Jumat (18/11/2016).
Wapres RI, Jusuf Kalla, tiba di Lima, Peru, untuk hadiri APEC, Jumat (18/11/2016).

Online24, Lima – Di sel-sela menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Lima, Peru, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bertemu dengan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, Sabtu (19/11/2016) waktu setempat atau Minggu (20/11/2016) wita.

Dalam pertemuan itu, JK dan Mark membahas soal konektivitas internet di Indonesia. Menurut JK, Zuckerberg menawarkan solusi untuk masalah konektivitas di daerah-daerah terpencil di Tanah Air dengan menggunakan drone.

“Kebetulan dalam pertemuan tadi, Mark mencontohkan Indonesia dalam konektivitas dengan menggunakan drone,” kata Kalla seusai pertemuan seperti dikuti dari Rappler.

Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana Mark itu. JK menyampaikan bahwa pemerintah bisa membantu memfasilitasi program yang akan dikembangkan Facebook tersebut.

Selain mempermudah hubungan antardaerah terpencil dan antar-kawasan, program yang ditawarkan Facebook itu juga diharapkan dapat membantu peningkatan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM).

Maklum saja, sekarang makin gencar jual  beli secara online. Dan usaha ini bisa jalan jika ada konektivitas internet.

“Bagaimana kita bisa bicarakan (usaha online) tanpa konektivitas?” kata Kalla.

Ia menilai program konektivitas yang dikembangkan Facebook bisa memadukan pembangunan perekonomian secara keseluruhan. Apalagi, APEC tahun ini menekankan pada kesetaraan pertumbuhan ekonomi di kawasan.

KTT APEC di Peru dihadiri 21 pemimpin ekonomi di negaranya masing-masing, termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Pada KTT APEC tahun ini, Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski, menyerahkan keketuaannya kepada Presiden Republik Sosialis Vietnam Tran Dai Quang.(*)