2017, Pemkab Sidrap Tingkatkan Budidaya Air Tawar

Editor : Fahmi
Kepala Bidang Perikanan Pemkab Sidrap, Laenggeng Kote

Online24, Sidrap – Tahun 2017 mendatang, Program Dinas Peternakan dan Perikanan Pemkab Sidrap, dalam bidang Perikanan akan kembali memperbaiki budidaya air tawar.

Kepala Bidang Perikanan Pemkab Sidrap, Laenggeng Kote, Senin (21/11/2016), mengatakan untuk program 2017 mendatang ini budidaya air tawar termasuk pemeliharaan ikan akan di perbaiki kembali agar produksi ikan bisa meningkat.

“Dalam peningkatan budidaya air tawar ini mencakup pemeliharaan ikan di danau, pemeliharaan ikan bersama padi, dan budidaya ikan di kolam. Bahkan kita rencana membudidaya ikan dikolam air deras atau kerambah,” ujarnya.

“Untuk program di danau kita utamakan perbaikan sarana perahu nelayan. Untuk pemeliharaan budidaya pembesaran ikan kita akan serahkan kepemiharaan ikan bersama padi, pembenihannya diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Sidrap dalam hal ini Kantor Balai Benih,” lanjutnya.

Laenggeng menambahkan bahwa saat ini Danau Sidenreng mengalami gangguan tanaman Eceng Gondok. “Kita sudah koordinasi dengan pemerintah Pusat bahwa untuk mengantisipasi eceng gondok ini kita hanya bisa mengatasi dengan menyomprot eceng gondok ini dengan racun yang tidak mematikan ikan seperti Racun Merk 24D,” ungkapnya.

Untuk tahun 2017 mendatang, “Pemerintah pusat melalui pengairan akan melakukan pendangkalan danau Tempe termasuk danau milik Kabupaten Sidrap yang ada di Panca Lautang guna untuk mengurangi pertumbuhan eceng gondok,” tutupnya.