Musim Hujan Diperkirakan Hingga Bulan April 2017

Editor : Fauzi Hamid

Online24, Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Sulawesi-selatan (Sulsel) terus melakukan pemantauan perubahan cuaca pasca masuknya musim penghujan di wilayah Sulsel.

Dari hasil pantauan BMKG wilayah IV, cuaca buruk mulai menderah sejumlah daerah utamanya Sulsel bagian utara.

Nurjannah Indriani, prakirawan BMKG IV wilayah Sulsel mengungkapkan, hujan lebat dan angin kencang diperkirakan akan terus terjadi di sepanjang musim penghujan, utamanya di daerah-daerah rawan banjir dan angin kencang.

Nurjannah menambahkan, kondisi ini diakibatkan wilayah-wilayah seperti Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Luwu mendapatkan hujan sepanjang tahun, sementara Kabupaten Sidrap merupakan wilayah pertemuan suhu panas dan dingin yang mengakibatkan potensi angin kencang.

“Cuaca buruk ini akan berlangsung hingga bulan April mendatang, dan untuk wilayah yang bakal diguyur hujan lebih banyak seperti kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Luwu, sedangkan Kabupaten Sidrap menjadi daerah yang sering terjadi angin kencang,” ujarnya.

Selain angin kencang dan hujan lebat, hujan dengan intensitas sedang juga akan lebih sering terjadi di bulan Desember dan akan terus terjadi di pagi hingga siang hari. Warga juga diminta untuk waspada dengan hujan lebat disertai petir, utamanya masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan.