Ismunandar Aspresiasi Wacana Penghapusan UN Kementrian Pendidikan RI

Editor : Lucky
Plt Kadis Pendidikan Makassar, Ismunandar
Plt Kadis Pendidikan Makassar, Ismunandar

Online24, Makassar – Wacana penghapusan Ujian Nasional (UN) yang digaungkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendidikan Republik Indonesia disambut baik pelaksanan tugas (plt) Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar, Ismunandar.

Menurutnya, UN bukan lagi menjadi penentu kelulusan dan sebagai alat pemetaan kualitas pendidikan di tiap-tiap sekolah di tingkat kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

“Kita harus melakukan hal yang dicanangkan Kementerian Pendidikan ini. Hal tersebut supaya pemerintah kabupaten/kota lebih selektif dalam melakukan pengkajian yang berhubungan dengan pemetaan kualitas pendidikan di tiap-tiap sekolah,” ujarnya saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar, Jalan Hertasning, Selasa (29/11/2016)

Lebih lanjut, ia menambahkan pemetaan dalam menentukan kualitas pendidikan tidak akan berguna jika dalam pelaksanaan evaluasi mengalami kebocoran.

“Yah, kalau bocor dalam evalusianya kita tidak bisa mengukur sekolah mana yang dianggap kualitasnya baik,” tambahnya.

Ismunandar menyebutkan sistem evaluasi setelah dihapuskannya UN secara nasional harus diserahkan ke daerah. Sehingga daerah bisa menentukan sekolah mana yang memiliki kualitas rendah, sedang, dan tinggi.(*)

[fbcomments]