Ismunandar: Penghapusan UN Hanya Sebagai Alat Pemetaan

Editor : Lucky
Plt Kadis Pendidikan Makassar, Ismunandar
Plt Kadis Pendidikan Makassar, Ismunandar

Online24, Makassar – Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar, Ismunandar, menyebutkan bahwa penghapusan Ujian Nasional (UN) diseluruh sekolah di Indonesia hanyalah sebagai alat pemetaan untuk meninjau kembali kualitas pendidikan diseluruh sekolah Indonesia.

“Kita harus melakukan hal yang dicanangkan Kementrian Pendidikan. Supaya pemerintah kabupaten/kota lebih selektif dalam melakukan pengkajian yang berhubungan dengan pemetaan kualitas pendidikan ditiap-tiap sekolah,” ujarnya saat ditemui di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Makassar, Jalan Hertasning, Selasa (29/11/2016).

Menurutnya, penghapusan UN secara nasional tidak mengalami perubahan yang signifikan, hanya saja sistem evaluasi sebagai alat ukur pemetaan diserahkan ke daerah. Sehingga bisa mengetahui mana yang memiliki kualitas rendah, sedang, dan tinggi.

Lebih lanjut, ia menambahkan melalui wacana Kementsrian Pendidikan terkait penghapusan UN diharapkan sekolah mampu bekerja dan berproses secara maksimal sehingga evaluasi di setiap semester dapat menjadi pijakan kualitas mutu pendidikan dan bisa dipertanggung jawabkan.

“Ini bentuk mutu kualitas pendidikan kita. Jangan otaknya 5 administrasi rapornya 8. Jarus sesuai dengan kompetensi yang ada,” tutupnya.(*)

[fbcomments]