Agar Langsung Segar Saat Bangun Tidur, Cobalah 5 Cara Ini

Reporter :
Editor : moehammad
Ilustrasi bangun tidur
Ilustrasi bangun tidur

Online24, Makassar – Kebiasaan kebanyakan orang saat bangun tidur tidak langsung melakukan aktivitas yang membuat mereka langsung terasa segar. Kebanyakan orang lebih memilih untuk bermalas-malasan, main handphone, bahkan ada yang memilih untuk tidur kembali dibandingkan berolahrga.

Kebiasaan tersebut dipicu karena tubuh masih dalam kondisi lelah sehingga perlu diatasi agar tidak memperburuk mood untuk menjalani hari. Setidaknya lima cara berikut dapat membuat pagi Anda lebih ceria dan bersemangat. Simak ulasan lengkapnya, seperti dikutip laman Byrdie.

Melihat Cahaya biru

Penelitian telah menunjukkan bahwa perasaan terjaga dan waspada sangat dipengaruhi oleh paparan cahaya. Bersamaan dengan itu, paparan cahaya biru dapat mengembalikan ritme sirkadian.

Agar bangun pagi terasa lebih segar, coba pasang lampu biru di meja sebelah tempat tidur anda, sehingga ketika anda bangun lampu biru tersebut dapat menekan melatonin dan membuat tubuh lebih segar.

Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet sepertinya bukan kebiasaan yang wajar saat baru bangun tidur. Namun, sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menemukan fakta bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan, hingga memengaruhi suasana hati. Mengunyah permen karet juga dapat meningkatkan denyut jantung dan tingkat kortisol yang dapat memberi ekstra energi.

Jalan pagi

Rutin berolahraga di pagi hari dapat membuat tubuh terasa segar dan menyehatkan. Setelah bangun tidur coba olahraga dengan jalan-jalan keliling kompleks untuk membuat tubuh lebih bugar. Aktivitas fisik dapat meningkatkan denyut jantung, melancarkan aliran darah dan memperbaiki metabolisme.

Bernyanyi

Mulailah aktivitas pagi dengan bernyanyi. Pilih lagu yang Anda suka dan mulai nyanyikan. Penelitian menunjukkan bahwa bernyanyi pada pagi hari setidaknya satu lagu, dapat membuat mood lebih baik untuk menjalani hari.

Pijat telinga

Pijat telinga bukan lagi hal aneh untuk memperbaiki mood pada pagi hari. Pasalnya hal tersebut telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional China. Mulailah pijatan dari bagian atas telinga dengan ibu jari hingga ke bagian belakang dan bawah telinga. Hal itu dapat membuat Anda merasa nyaman dan bersemangat.