Lima Tips Upaya Antisipasi dan Pengurangan Resiko Bencana Gempa Bumi

Ilustrasi bencana gempa bumi
Ilustrasi bencana gempa bumi

Online, Makassar – Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi.

Energi yang dihasilkan dan dipancarkan ke segala arah berupa gelombang gempa, sehingga efeknya dapat dirasakan sampai ke permukaan bumi. Gempa bumi dapat menyebabkan getaran atau guncangan tanah (ground shaking), likuifaksi ( liquifaction), tanah longsor, tsunami, dan bahaya-bahaya lainnya.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips untuk mengatisipasi serta mengurangi resiko bencana yang disebabkan gempa bumi:

Lakukan hal-hal mendasar

Kenali apa yang disebut gempa bumi. Baca beberapa artikel terkait dengan gempa bumi misalnya artikel di Wikipedia dan lain-lain. Selain itu, pastikan bahwa struktur dan letak rumah Anda dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan oleh gempa bumi,longsor, liquefaction, dan lain-lain. Mengevaluasi dan merenovasi ulang struktur bangunan Anda agar terhindar dari bahaya gempa bumi.

Kenali lingkungan tempat bekerja

Selain anda bekerja, anda tetap harus memperhatikan dan mengenali kantor tempat anda bekerja. Perhatikan letak pintu, lift, serta tangga darurat untuk mengevakuasi diri saat terjadi gempa. Belajar melakukan P3K. Belajar menggunakan alat pemadam kebakaran. Catat nomor telepon penting yang dapat dihubungi pada saat terjadi gempa bumi, semisal SAR atau pemadam kebakaran.

Persiapan pada tempat tinggal dan kantor

Perabotan (lemari, cabinet, dll) diatur menempel pada dinding (dipaku, diikat, dll) untuk menghindari jatuh, roboh, atau bergeser pada saat terjadi gempabumi. Selai itu, simpan bahan yang mudah terbakar pada tempat yang tidak mudah pecah agar terhindar dari kebakaran. Selalu mematikan air, gas, dan listrik apabila tidak sedang digunakan.

Hindari kemungkinan kejatuhan material yang membahayakan

Atur agar benda yang berat sedapat mungkin berada pada bagian bawah. Cek kestabilan benda yang dapat jatuh pada saat gempabumi terjadi misalnya lampu, lemari, dan lainnya.

Siapkan peralatan yang dibutuhkan pasca terjadinya gempa

Yang perlu anda siapkan terkait peralatan yang dibutuhkan pasca terjadinya gempa ialah kotak P3K untuk mengobati secara dini korban gempa. selain itu, siapkan senter atau lampu baterai untuk menerangi di saat malam hari. Kemudian radio, dan makanan suplemen serta air mineral.

Semoga tips antisipasi dan pengurangan resiko bencana gempa bumi ini bermanfaat bagi anda agar meminimalisir korban jiwa bila bencana gempa tersebut terjadi.