Dewan Pendidikan : UN Batal Dihapus

Editor : Asri Muhammad
Suasana Ujian Semester di salah satu sekolah.
Suasana Ujian Semester di salah satu sekolah.

Online24, Makassar – Keinginan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy agar Ujian Nasional dihapuskan, dipastikan gagal. Hal ini disampaikan langsung oleh Dewan Pendidikan Kota Makassar, Adi Suryadi Culla, sesuai dengan hasil rapat kabinet.

“Dari hasil keputusan rapat kabinet akhirnya ujian nasional tetap untuk dilaksanakan dan tidak dihapus seperti semula dari kebijakan menteri pendidikan sebelumnya,” ujarnya saat ditemui di Kafe 212 Jalan Boulevard Makassar, Minggu (18/12/2016).

Menurut Adi, UN penting bagi penunjang nilai kemajuan pendidikan pada siswa dengan diikat proporsi penilaian.

“Saya kira itu penting untuk untuk ujian nasional dan menurut saya mungkin yang harus diikat bagaimana proporsi penilaian itu,” katanya.

Adi juga menjelaskan jika dengan batalnya dihapuskan UN dari indeks integritas akan menjadi perubahan revolusi mental dengan melihat indeks kejujuran siswa.

“Tidak hanya integritas saja dari ujian nasional itu juga penting dari indeks integritas karena ini juga dasar untuk perubahan mental revolusi mental itu kan yang dilakukan, bukan oleh pemerintah. dari indeks kejujuran kan dilihat itu bahwa hasil ujian nasional kejujurannya sangat rendah yang disebut indeks integritas itu mengukur berapa jawaban siswa yang sama kalau sama,” jelasnya.

Selain itu, Adi berharap keinginan menteri pendidikan untuk menghapus UN dengan penunjang nilai kemajuan pendidikan siswa, harus dipikir ulang dengan sangat matang.

“Jika Ujian Nasional dihapus atau di moratorium, tetapi di sela rentan waktu ketika moratorium itu dilakukan apa yang bisa menjadi parameter untuk menilai kemajuan pendidikan kita? Maka dari itu menteri harus memikirkan pengganti untuk menunjang nilai kemajuan pendidikan pada siswa,” tandasnya.(*)