Robot Buatan Mahasiswa Indonesia Raih 3 Medali Emas di Beijing

Reporter :
Editor : moehammad
Mahasiswa Institusi Teknologi Sepuluh November Surabaya saat menaiki podium juara dalam ajang Federation of International Robot Soccer Association Humanoid Robot Cup 2016
Mahasiswa Institusi Teknologi Sepuluh November Surabaya saat menaiki podium juara dalam ajang Federation of International Robot Soccer Association Humanoid Robot Cup 2016

Online24, Surabaya – Indonesia patut berbagga diri. Pasalnya, beberapa hari yang lalu robot buatan mahasiswa Institusi Teknologi Sepuluh November Surabaya tercatat sebagai juara dalam ajang Federation of International Robot Soccer Association Humanoid Robot Cup 2016, yang digelar di Beijing, Tiongkok, 14 Desember hingga 18 Desember 2016.

Ketua Tim Ichiro ITS, Satria Hafizuddhin mengungkapkan kebanggaannya bisa meraih tiga medali emas sekaligus melalui robot Ichiro I. Pasalnya, ia bersama timnya mengalami kendala teknis pada hari pertama.

“Kami mendapatkan ketidaksesuaian informasi dengan peraturan yang berlaku. Tapi, kita berhasil meraih tiga medali emas untuk kategori Marathon, Sprint, dan Soccer. Selain itu, robot itu juga berhasil menyabet juara II untuk kategori halang rintang,” ujarnya.

Ia juga mengaku sempat mengalami kebingungan. Hal tersebut dikarenakan kondisi lapangan yang dipaparkan panitia berbeda dengan kenyataannya.

“Jadi itu sempat membuat kami bingung. Tapi akhirnya dengan semangat untuk mengharumkan nama bangsa, kami terus berjuang, dan akhirnya berhasil memenangkan lomba itu,” jelasnya.

Turnamen Federation of International Robot Soccer Association Humanoid Robot Cup 2016 juga diikuti peserta dari tujuh negara lainya. Di antaranya Tiongkok, Malaysia, Taiwan, Meksiko, India, Korea, dan Kanada, dengan total tim sekitar 23.(*)