Kajati: Andaikan Bukan Tahapan Pilkada, Bur Sudah Ditahan

Reporter :
Editor : Lucky

Kajati Sulselbar, Hidayatullah
Kajati Sulselbar, Hidayatullah

Online24, Makassar – Kajati Sulselbar, Hidayatullah, mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mundur untuk dalam menangani kasus penjualan lahan negara di Takalar. Hal ini diungkapkan ketika ditanya Komisi III DPR RI dalam kunjungannya ke kantor Kejati Sulselbar, Jalan Urip Sumoharjo, Selasa (20/12/2016).

Komisi III DPR RI menanyakan status Bupati Takalar non aktif Burhanuddin Baharuddin dalam kasus penjualan lahan negara Desa Laikang.

“Sudah sangat jelas. Dari hasil kajian yuridis, jaksa sudah berani melakukan penahanan. Artinya tidak ada keraguan terkait kasus itu,” ujar Hidayatullah.

Kepada awak media, ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya merasa tidak ada intervensi dari pihak komisi III terkait kasus penjualan lahan di Takalar.

“Kita tidak akan mundur. Seandainya bukan tahapan pilkada, penangkapan Bur (Burhanudddin) sudah dilakukan. Tetapi kita kan melaksanakan Instruksi Kejagung soal tahapan pilkada,” tegas Hidayatulah.

Sebelumnya Komisi III DPR RI menganggap Kajati Sulselbar tidak mentaati instruksi Jaksa Agung karena tetap memproses Bupati Takalar non aktif, Burhanuddin Baharuddin. Sesuai instruksi Kejaksaan Agung, segala kasus hukum yang melibatkan calon pada pilkada untuk dihentikan sementara dan dilanjutkan lagi setelah proses pilkada.

“Kan sudah saya jelaskan tadi. Kami ikuti instruksi Jaksa Agung. Pihak Kejati juga belum menetapkan status tersangka kepada Bupati Takalar, seperti yang beredar di pemberitaan,” pungkasnya.(*)