Anggota TNI Tewas Disergap Kelompok Santoso

Editor : Fahmi

Online24, Poso – Kendati sudah menewaskan sebagian besar anggota termasuk pimpinannya Santoso, namun kelompok ini masih tetap berbahaya. Terkini, duka kembali menimpa Satgas Tinombala yang mengejar kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng).

”Hari ini, Selasa (20/12), di Pegunungan Maetangi Dusun Maros Desa Kilo Kecamatan Poso Pesisir, Poso telah terjadi kontak tembak antara tim Nanggala 8 dengan kelompok MIT,” ungkap Karo Penmas Polri Brigjen Rikwanto di rumah dinas Kapolri, Jakarta, Selasa malam (20/12).

Dia menjelaskan, kejadian bermula ketika Tim Nanggala 8 menemukan jejak yang diduga buron teroris. Setibanya di daerah sungai sesuai titik koordinat, tiba-tiba tim Nanggala 8 ditembak kelompok MIT yang diperkirakan berjumlah empat orang.

Dalam insiden tersebut, dua anggota tim Nanggala 8 terkena tembakan, yaitu Prada Imam Hanafi luka tembak di punggung dan saat ini dalam kondisi kritis. “Sementara Pratu Yusuf Bahrudin tertembak di dada dan meninggal,” kata dia.

Rikwanto mengatakan, sekitar pukul 19.00 Wita Selasa malam ini telah dilakukan evakuasi terhadap Imam Hanafi. ”Korban langsung dievakuasi ke RSUD Poso, sedangkan untuk Pratu Yusuf masih menunggu proses evakuasi. Pelakunya sisa-sisa kelompok Santoso. Ada 10-15 orang,” tambahnya.

Tim Nanggala 8 dan Tim Nanggala 4 kini masih melakukan pengejaran terhadap kelompok tersebut.