Ini Dia Alur Tilang Online yang Akan Diterapkan Polisi

Alur tilang online
Alur tilang online

Begini Alur Tilang Online

Online24, Makassar – Tinggal hitungan hari, E – Tilang salah satu inovasi Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian akan diterapkan di Makassar dan daerah sekitarnya, Sabtu ini (24/12/2016).

Menariknya, E – Tilang hadir untuk mempermudah masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu ke Pengadilan dengan hanya dengan melalukan pembayaran penilangan melalui ATM BRI.

Kepala Seksi Pelanggaran Ditlantas Polda Sulsel, Kompol Andi Husnaeni menjelaskan petugas akan melakukan penindakan terhadap masyarakat yang melanggar. Kemudian, petugas kepolisian mengisi database pelanggar pada aplikasi E – Tilang yang disebut Elang Polri.

“Setelah database diisi oleh petugas melalui Elang, pelanggar akan mendapatkan notifikasi nomor pembayaran tilang yang pembayarannya dilakukan melalui jaringan perbankan,” ujarnya.

Selanjutnya, setelah melakukan pembayaran pelanggar dapat mengambil barang bukti di petugas kepolisian dengan menunjukkan bukti pembayaran.

“Karena sudah melakukan pembayaran, pelanggar tidak perlu ke pengadilan dan akan diwaliki oleh petugas kepolisian,” tuturnya.

Lebih lanjut, dipersidangan hakim akan memutuskan nominal denda tilang. Yang kemudian, putusan tersebut akan dieksekusi oleh kejaksaan.

Ia menambahkan, setelah amar putusan, pelanggar akan mendapatkan notifikasi SMS berisi putusan dan sisa dana denda tilang. Sisa dana tersebut, akan ditransfer langsung ke rekening pelanggar.

“Jadi, pelanggar harus membayar denda awal melebihi dari denda maksimal. Misalnya, saat penilangan disebutkan denda yang harus dibayar Rp 500 ribu maka pelanggar harus mentrasfer lebih dari denda yang disebutkan. Tapi jangan khawatir, karena jika hasil putusan sidang menyebut denda yang dibayar pelanggar kurang dari Rp 500 ribu maka sisa uang pelanggar akan di transfer ke rekening pelanggar,” jelasnya.

Ia menyebutkan, pelanggar akan mengikuti alur E – Tilang jika pada saat penindakan dilapangan pelanggar mendapatkan blangko warna biru dari petugas.

“E – Tilang ditandai dengan blangko warna biru, sedangkan jika masyrakat memilih manual maka akan diberikan blangko warna merah,” tutupnya.