Masih Sulit Berhenti Merokok? Ini Yang Harus Anda Lakukan

Reporter :
Editor : moehammad
Ilustrasi paru paru perokok dan tidak perokok
Ilustrasi paru paru perokok dan tidak perokok

Online24, Makassar – Tidak bisa dipungkiri, rokok menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi sebagian orang khususnya kaum adam. Meski sudah jelas akibat yang ditimbulkan, tidak mudah bagi pengguna rokok untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Berhenti dari kebiasaan merokok memang susah bagi yang mencintainya, namun bukan berarti tidak bisa.

Diikuti dari salah satu media online, dr Elisna Syahruddin PhD SpP(K) dari Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengatakan, bahwa cara berhenti merokok sebenarnya mudah sekai, hal ini hanya datang dari diri sendiri.

“Cara berhenti merokok ya berhenti aja nggak usah pakai teori-teori. Memang ada terapinya tapi yang paling penting itu nawaitu alias niatnya,” kata dr Elisna Syahruddin PhD SpP(K) dari Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI).

“Kenapa semua pasien kanker paru dan tuberkulosis datang ke saya dan bisa berhenti? Ya itu semua karena niat orangnya sendiri,” imbuhnya.

dr Elisna mengingatkan bahwa masalah rokok bukan hanya pada asapnya, tapi ‘panas’ dari asap rokok juga bisa mengiritasi saluran pernapasan.

“Kalau rusak terus menerus bisa menjadi awal mula terjadinya kanker,” kata dr Elisna yang praktik di RSUP.

Fuad Baradja, selaku aktivis penanggulangan masalah rokok yang juga mantan perokok, Beberapa waktu lalu pun membagikan tips suksesnya berhenti merokok. Menurut Fuad, berhenti merokok memiliki banyak cara dan bisa dilakukan kapan pun. Namun, hal terpenting dalam proses tersebut ialah keinginan atau niat yang kuat yang muncul dari diri sendiri. Berangkat dari pengalamannya, Fuad mengatakan jika tidak ada niat yang kuat untuk berhenti merokok, cara apapun yang dilakukan akan percuma.

“Sebab, orang itu bisa saja berhenti tapi mudah relaps (merokok lagi). Namun jika niatnya sudah kuat, tidak pakai cara apapun juga bisa berhenti merokok,” tegas Fuad.