Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Jaringan

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Jaringan
Natal dan Tahun Baru, Telkomsel Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Jaringan

Online24, Makassar – Mengantisipasi melonjaknya trafik telekomunikasi menjelang Natal dan tahun baru, Telkomsel melakukan sejumlah peningkatan kapasitas dan kualitas jaringan di seluruh Indonesia.

Vice President Sales & Marketing Area Pamasuka Herry Setiawan  mengatakan, Natal dan Tahun baru merupakan periodemeningkatnya kebutuhan komunikasi, khususnya dalam penggunaan layanan data.

“Untuk itu setiap tahunnya kami selalu mengantisipasi hal tersebut melalui serangkaian aktivitas optimasi jaringan, agar kualitas layanan yang kami tawarkan tetap terjaga dan prima sekalipun terjadi lonjakan trafik komunikasi. Tentunya hal ini akan diharapkan dapat terus menjaga pengalaman terbaik ketika menggunakan layanan data Telkomsel,” ujarnya.

Penggunaan data saat Natal dan Tahun Baru nanti, diperkirakan meningkat drastis hingga 118 persen.

“Pada puncak periode NARU kali ini,kami memprediksi layanan data akan mencapai trafik tertinggi hingga 4.10 PB (Petabyte) atau naik lebih dari 118 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini seiring dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan data oleh pelanggan untuk Video & Music Streaming, Games Online, Social Media, Chatting, dan penggunaan berbagai aplikasi. Sementara itu, layanan suara diperkirakan menjadi 1.52 Milyar menit dan SMS diperkirakan menjadi 892 juta SMS per hari,” tambahnya.

Untuk memastikan kesiapan jaringan, Telkomsel telah melakukan pengecekan di beberapa titik yang menjadi pusat keramaian.

“Untuk memastikan kesiapan jaringannya, kami juga telah melakukan uji jaringan di beberapa area maupun jalur utama yang diprediksi menjadi pusat keramaian, seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Focus uji jaringan dilakukan ke layanan data, yang saat ini penggunaannya terus mengalami peningkatan dari tahun dan ke tahun,” pungkas Heri.

Selain itu, Telkomsel juga menambhakan BTS di lokasi-lokasi strategis yang memerlukan peningkatan kapasitas dan kualitas, Telkomsel juga mengerahkan 91 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk menjaga agar jaringan tetap prima selama periode NARU.

Dari sisi layanan, Telkomsel menyiagakan 487 Armada Mobile GraPARI, menjamin ketersediaan produk melalui 2.668 modern channel siaga dan 3.779 outlet siaga, serta didukung pula oleh 85 GraPARI Siaga dan Call Centre  yang siap melayani tanpa kenal hari libur.(*)