Stok Beras di Sulsel Aman Hingga 2017

Editor : Asri Muhammad
DInas Pertanian sulsel Jamin Stok Beras 2017 aman
DInas Pertanian sulsel Jamin Stok Beras 2017 aman

Online24, Makassar – Dinas Pertanian dan Tanaman Holtikultura Provinsi Sulsel, menjamin stok beras untuk 2017 mendatang. Pasalnya, pertumbuhan padi setiap kabupaten di Sulsel menunjukkan hasil yang signifikan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pertanian Sulsel Fitriani mengaku, tahun 2016 sebanyak 800 ribu ton persediaan beras yang dapat dialokasikan pada tahun 2017 mendatang.

Selain faktor curah hujan yang cukup, adanya program 200 ribu hektar luas lahan padi yang dimulai serentak di semua kabupaten pada Agustus lalu, membuat Dinas Pertanian optimis dengan pasokan beras aman.

“Persediaan stok sampai bulan maret tahun depan, skala nasional yah. Dan itu sangat cukup, apalagi di Sulsel,” Jelas Fitriani.

Meski skala nasional hanya sampai bulan maret 2017, Fitriani meyakini tersedianya 800 ribu ton beras masih sangat menunjang bagi kebutuhan masyarakat Sulsel.

“Khusus Sulsel pasti lebih panjang lagi. Malah pada waktu Idul Fitri saja, kita sudah memperkirakan sisanya itu, bisa menalangi 8 bulan kedepan, apalagi kita tambah sebanyak 800 ribu ton. Pasti lebih panjang lagi persediaan kita,” jelasnya.

Meski belum memenuhi target sebanyak 1 juta ton beras, namun hal tersebut dinilai bukan kendala yang besar. Pasalnya peningkatan jumlah gabah kering giling (gkg) di Sulsel, bisa melebihi target jika hasil realisasi tambahan 200 ribu hektar lahan di setiap kabupaten bisa menghasilkan gkg pada akhir tahun ini.(*)