UNM Makassar Temukan Alat Pendeteksi Daging Busuk

Editor : Asri Muhammad

UNM Makassar Temukan Alat Pendeteksi Daging Busuk
UNM Makassar Temukan Alat Pendeteksi Daging Busuk
Online24, Makassar – Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Negeri Makassar, berhasil membuat pendeteksi daging bangkai dengan tingkat akurasi kesegaran daging, mencapai 100%. Alat pendeteksi daging bangkai dinamakan Supernova.
Anwar, ketua tim mengatakan, dilakukannya penelitian tersebut lantaran kondisi masyarakat kita yang sering diresahkan dengan adanya temuan daging busuk beredar dipasaran.
“Sejak bulan Mei lalu kami telah melakukan penelitian dan Supernova rencananya akan terus disempurnakan,” Kata Anwar, Rabu (28/12/2016).
Alat yang dinamai Supernova ini, merupakan salah satu alat yang menggunakan pengolahan citra digital dan menggunakan mikrokontroler.
Untuke meneliti, sampel daging terlebih dahulu dibelah dan kemudian diletakkan di alat berbentuk kotak yang telah dilengkapi dengan kamera pengolahan citra.
“Jika dagingnya bangkai, maka buttom yang tampil akan tetrulis tidak segar. Dan jika daging segar maka responnya akan berubah teksnya dengan tulisan segar,” ungkapnya.
Anwar menambahkan, untuk memastikannya kita hanya butuh waktu tidak lebih dari dua menit dan ketapatannya pun mencapai 100 persen.
“Kami masih melakukan pengembangan dalam proses penelitian kami, berharap kedepannya alat inj dapat memberikan kontribusi yang positif dalam pembuatannya,” ujarnya.(*)