Mahasiswa Politeknik ATI Temukan Alat Pemotong Bipang Yang Efisien

Editor : Asri Muhammad
Mahasiswa Politeknik ATI Temukan Alat Pemotong Bipang
Mahasiswa Politeknik ATI Temukan Alat Pemotong Bipang
Online24, Makassar – Yang muda yang berprestasi.Kalimat tersebut cocok diberikan kepada

Widodo Wijaya bersama timnya.

Widodo bersama rekannya, berhasil membuat alat pemotong Bipang atau kue tradisional khas Sulsel yang dapat menghemat waktu kerja pembuatnya.

Mahasiswa Politeknik ATI yang duduk di bangku semester 5 jurusan Teknik Industri Agro ini, menciptakan alat pemotong kue tradisional dilandasi dengan keprihatinan mereka kepada masyarakat yang mempunyai indsutri pembuatan Bipang di Kabupaten Gowa.

Pasalnya, para pembuat kue tersebut masih menggunakan sistem atau cara kerja manual dengan memotong bipang menggunakan pisau, dan tentunya membutuhkan waktu yang lama.

“Kita hanya prihatin melihat sejumlah Industri Kecil Menengah di Kabupaten Gowa yang kebanyakan, adalah pembuat kue Bipang dan masih menggunakan cara manual saat pemotongan dan tentu memakan banyak waktu dan tenaga,” ujarnya.
Alat pemotong Bipang yang dibandrol dengan harga 2 hingga 3 juta ini, dapat memudahkan kerja para pembuat kue Bipang saat proses pemotongan. Dalam sekali potong, alat ini bisa menghasilkan 90 keping potongan dengan ukuran yang sama besar.
“Kalo dulunya pembuat kue Bipang kewalahan saat pemotongan dan makan banyak waktu, dengan alat ini semua teratasi, kurang dari satu menit, bipang ini bisa terpotong hingga 90 keping dengan ukuran yang sama,” jelasnya.(*)