Pejabat Publik Dominasi Tersangka Kasus Korupsi di Sulsel

Reporter :
Editor : Lucky
Asisten I Tindak Pidana Khusus (Aspidsus), Tugas Utoto.
Asisten I Tindak Pidana Khusus (Aspidsus), Tugas Utoto.

Online24, Makassar – Sepanjang tahun 2016, Kejati Sulselbar berhasil memenjarakan 26 orang terkait kasus korupsi. Asisten I Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sulselbar, Tugas Utoto, mengatakan bahwa ke-26 tersebut didominasi oleh pejabat publik. Bahkan ada anggota DPRD yang ditahan.

“Didominasi oleh pejabat publik. Tetapi kalau untuk kepala daerah saat ini belum ada,” jelas Toto saat ditanya berapa kepala daerah yang ditahan karena kasus korupsi.

Lebih lanjut Utoto menjelaskan, modus operandi yang paling banyak dari kasus korupsi yang selama ini ditangani Kejati adalah pengadaan barang dan jasa, utamanya di bidang infrastruktur.

“Modus paling banyak di infrastruktur, itu ada 30 kasus. Kemudian ada penyalahgunaan wewenang, dan yang terakhir kasus pengadaan tanah. Untuk modus pengadaan tanah, sepanjang tahun ini ada empat kasus,” ungkapnya.

Dengan capian ini, Utoto mengatakan akan lebih meningkatkan kinerja Tim Pidsus pada tahun 2017 mendatang.

“Kami akan meningkatkan kinerja dengan mempercepat pelaksanaan dan penanganan perkara tindak pidana korupsi pada tahun 2016 nanti. Kami juga akan berusaha sekuat tenaga untuk meningkatkan penyelamatan kerugian negara di tahun depan. Semoga tahun depan kami bisa jadi lebih baik,” ungkapnya.(*)