Ini Identitas Tiga Korban Tewas Tenggelamnya KM Karamando

Reporter :
Editor : Lucky

Proses evakuasi tenggelamnya KM Koramando di Halmahera, Maluku Utara, Kamis (29/12/2016)
Proses evakuasi tenggelamnya KM Koramando di Halmahera, Maluku Utara, Kamis (29/12/2016)

Online24, Ternate – Tenggelamnya Kapal Motor (KM) Karamando di Perairan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, Kamis (29/12/2016) mengakibatkan tiga nyawa melayang.

Dari data yang dirilis Badan SAR Nasional (Basarnas) Provinsi Maluku Utara, tiga orang tewas diketahui bernama Saika (8), Rizal (54), dan Monika Tude (60).

Seperti diketahui, KM Karamando berlayar dari pelabuhan Dufa-Dufa Ternate, dengan tujuan pelabuhan Jailolo, Halmahera Barat. Kapal diduga dihantam ombak besar hingga mengakibatkan lambung kapal bagian kanan bocor.

Berdasarkan data resmi manivest  yang tercatat di  KPLP Pelabuhan Dufa-Dufa  Ternate, penumpang resmi yang terdaftar berjumlah 64 yang terdiri dari 50 orang dewasa, 10 penumpang anak-anak dan 4 orang anak buah kapal (ABK).

Namun kenyataannya, Tim Gabungan Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Halbar serta masyarakat berhasil mengevakuasi 73 orang penumpang selamat, sementara 3 orang di ketahui meninggal dunia. Dan satu penumpang dinyatakan hilang atas nama Yuyun.

Kecelakaan KM Karamando, kapal dengan kekuatan 105 GT ini adalah kecelakaan yang kesekian kalinya terjadi di Perairan Jailolo, Halmahera Barat.(*)