Libur Tahun Baru, Kete Kesu Dipadati Pengunjung

Reporter :
Editor : Fahmi
Kete Kesu Toraja
Kete Kesu Toraja

Online24, Toraja – Libur tahun baru, wisata budaya Kete Kesu dipadati oleh ribuan wisatawan. Wisatawan ini datang dari berbagai daerah.

Wiwik, salah satu wisatawan yang datang dari Semarang, Jawa Tengah. Ia bersama ketiga rekanya mengaku sengaja menghabiskan liburan tahun baru di Tana Toraja.

“Kita memang sengaja liburan di Toraja. Sudah dari kemarin kami di Toraja. Rencana sih akan mendatangi tempat-tempat wisata di Toraja,” ujarnya.

Dipilihnya Ketu Kesu sebagai destinasi wisata di tanah Toraja adalah karena sering melihat tempat ini di tayangan Televisi.

“Biasanya kan cuma lihat dari televisi, sekarang benar-benar bisa melihat langsung makam yang unik dan lain dari biasanya,” lanjutnya.

Anto, salah satu pedagang di area wisata Ketu Kesu mengatakan, hari ini memang banyak sekali wisatawan. Ia menambahkan hari ini adalah puncak dari banyaknya wisatawan.

“Kemarin dan hari ini puncaknya, kalau besok mungkin tidak seramai ini,” ujarnya.

Wisata Ketu Kesu adalah wisata adat dan budaya. Di dalam Kete Kesu terdapat peninggalan purbakala berupa kuburan batu yang diperkirakan berusia 500 tahun lebih.

Tiket masuk di area wisata ini cukup terjangkau yaitu Rp 10.000.

Selain wisatawan lokal, terlihat juga wisatawan asing.