Ujian Nasional Tetap Diterapkan, Ini Mata Pelajaran yang Diujikan Pada UN dan USBN 2017

Reporter :
Editor : Andhika Bd

Online24, Makassar – Tahun 2017, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan tetap menerapkan ujian nasional (UN), dan mengganti ujian sekolah dengan ujian sekolah berstandar nasional (USBN).

Salah satu hal yang berbeda pada ujian nasional (UN) dan ujian sekolah berstandar nasional tahun 2017 dengan tahun sebelumnya adalah mata pelajaran yang diujikan pada tingkat SMA.

Sebelumnya, pada UN tingkat SMA, ada enam mata pelajaran yang diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan tiga mata pelajaran sesuai jurusan. Untuk jurusan IPA, ditambah mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi. Sementara untuk jurusan IPS, ditambah mata pelajaran Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi. Dan untuk jurusan Bahasa, ditambah mata pelajaran Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing.

Sementara, pada UN 2017 untuk tingkat SMA nanti, hanya ada empat mata pelajaran yang diujikan, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan.

Menurut informasi yang dikutip dari laman resmi Kemdikbud, Rabu(4/1/2016), siswa dibebaskan memilih satu di antara tiga mata pelajaran dalam jurusannya sesuai dengan minat dan kemampuannya.

Lalu untuk USBN, ketiga mata pelajaran yang ada dalam tiap jurusan (IPA/IPS/Bahasa) tersebut, tetap menjadi mata pelajaran yang diujikan. Ada enam mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMA. Selain tiga mata pelajaran berdasarkan jurusan, USBN juga akan menguji siswa dengan mata pelajaran Pendidikan Agama, PPKN, dan Sejarah.

kemudian untuk mata pelajaran UN tingkat SMP pada tahun 2017, tidak berbeda dengan tahun sebelumnya. UN tingkat SMP akan menguji mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan IPA. Kemudian mapel yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMP adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS.

Ujian Nasional (UN)  tingkat SMK pada tahun 2017 juga tetap menguji empat mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. Kemudian mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBN tingkat SMK adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan Keterampilan Komputer.

[fbcomments]