Gubernur : Angka Kemiskinan di Sulsel Pasti Turun

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo

Online24, Makassar – Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, sepanjang 2016 jumlah penduduk miskin di Sulsel mencapai 796,81 ribu jiwa atau 9,24 persen dari total penduduk.

Angka kemiskinan di daerah perkotaan mengalami kenaikan sebesar 1,47 ribu jiwa, sementara untuk di daerah pedesaan mengalami penurunan cukup signifikan yakni sebesar 11,69 ribu jiwa jika dibandingkan dengan jumlah penduduknya.

Meski begitu, sebagian besar penduduk miskin di Sulsel masih berada di daerah pedesaan.  Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, jika kenaikan angka kemiskinan di daerah perkotaan tentu menjadi keprihatinan dan di tahun 2017 tentu akan dilakukan antisipasi.

“Bahwa tentu di daerah tertentu yang naik menjadi keprihatinan dan mudah-mudahan saja kita bisa antisipasi,” tandas Syahrul saat ditemui di Kantor Gubernur, Rabu (4/1/2017) siang.

SYL masih percaya diri untuk menekan angka kemiskinan di Sulsel. Ia mengacu pada angka inflasi di Sulsel yang tidak pernah lebih dari 3 persen, dan pertumbuhan ekonomi Sulsel yang rata-rata diatas nasional.

“Inflasi kita tidak pernah sampai 3 atau 2 lebih, terus kita masih 8,05 saya berharap itu bisa meresonansi terhadap penurunan kemiskinan dan lapangan kerja. Itu yang kota ingin pertahankan di 2017,” jelasnya.(*)