Remaja Terlibat Balap Liar, Polisi Akan Sasar Sekolah Lakukan Penyuluhan

Motor pelaku balap liar rusak setelah menabrak minibus di Jalan Gunung Latimojong, Makassar. Senin malam (31/10/2016) lalu
Motor pelaku balap liar rusak setelah menabrak minibus di Jalan Gunung Latimojong, Makassar. Senin malam (31/10/2016) lalu
© dok. Online24

Online24, Makassar – Maraknya aksi balap liar di Kota Makassar yang didominasi oleh remaja yang masih berstatus pelajar membuat Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Endi Sutendi merasa prihatin.

“Cukup prihatin karena anak-anak yang seharusnya belajar malah menghabiskan waktunya dimalam hari untuk balap liar yang pada dasarnya meresahkan masyarakat,” ujarnya saat ditemui di Mapolrestabes Makassar, Jalan Ahmad Yani, Kamis (5/1/2017)

Ia menambahkan pemicu aksi tersebut mayoritas dipengaruhi pergaulan dan faktor lingkungan.

“Selain kedua faktor tersebut kita juga lihat bagaimana peran orang tua dalam mendidik anaknya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan pertumbuhan mental seorang anak harus menjadi pokok perhatian dalam menyelesaikan masalah tersebut.

“Semua pihak harus merasa berempati terhadap permasalahan tersebut dan turut serta dukungan dan motivasi agar aksi yang kerap dilakukan remaja bisa diminimalisir,” tambahnya.

Untuk itu, Endi berencana kedepan akan bekerjasama dengan pihak sekolah untuk melakukan pendidikan, pembinaan serta penyuluhan terkait bahaya aksi balap liar.

“Kita dari babinkambitmas akan bekerjasama dengan pihak sekolah untuk melakukan penyuluhan terkait ketertiban mematuhi peraturan lalu lintas,” tukasnya.

“Kita selalu imbaukan kepada masyarakat khususnya remaja selaku pelaku balap liar untuk tidak melakukan aksi tersebut karena akan mengganggu pengguna jalan lain dan sangat berbahaya,” tutupnya.