Kadisdik Sulsel Belum Ingin Geser Kepsek Hasil Lelang Jabatan Pemkot Makassar

Kadis Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo
Kadis Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo
© Adam Said/Online24

Online24, Makassar – Rekrutmen melalui lelang kepala sekolah yang pernah dilakukan pemerintah Kota Makassar pada awal tahun 2016 lalu membuat Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo, belum ingin menggesernya.

Peralihan kewenangan SMA/SMK dari kabupaten/kota ketingkat provinsi membuat Irman tidak akan melakukan proses lelang jabatan serupa.

“Tidak ada lelang-lelang, apalagi tunai,” candanya dihadapan awak media di hotel Clarion, Sabtu (7/1/2017).

Saat disinggung mengenai kepala sekolah hasil lelang jabatan dari pemerintah Kota Makassar, Irman mengaku belum akan menggantinya.

“Tidak ada yang saya rubah, apa yang pindah ke provinsi begitu mi dulu. Yang pensiun pun saya plt-kan dulu, sambil kita menunggu diklat calon kepala sekolah yang dilakukan,” tandas Irman.

Menurutnya, syarat untuk menjadi kepala sekolah harus memiliki sertifikat hasil dari pendidikan dan pelatihan khusus yang diberikan oleh pemerintah.

“Kepala sekolah satu ji, punya lisensi jadi kepala sekolah. Lisensinya itu ditandai dengan sertifikat diklat calon kepala sekolah,” ucap mantan Kepala Badan Diklat Provinsi Sulsel tersebut.

Sebelumnya, sudah ada 300 kepala sekolah yang diberikan pendidikan dan pelatihan dari Disdik Sulawesi Selatan. Irman menambahkan, kepala sekolah yang nantinya ditemukan tidak memiliki sertifikat maka akan dihentikan.

“Kemarin sudah satu angkatan, bulan dua (Februari) nanti dua angkatan. Kemarin itu sudah ada 300 orang, nanti sampai 600 orang. Jadi, siapa yang tidak ada sertifikatnya, kita tilang,” tutup Irman.(*)