Nasib Guru Honorer SMA dan SMK Belum Menemui Titik Terang

Editor : Lucky
Kadis Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo
Kadis Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo

Online24, Makassar – Permasalahan nasib guru honorer di tingkat SMA/SMK yang berada di bawah kendali pemerintah provinsi Sulawesi Selatan juga belum menemui titik terang. Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo, menekankan, kejelasan nasib guru honorer juga harus disesuaikan dengan aturan pemerintah.

“Pertama kami mau pernyatakan bahwa apakah tidak melanggar Permenpan 48. Kalau guru honorer tidak melanggar Permenpan 48, kami siapkan (gaji honorer),” imbuhnya.
Selain persoalan aturan, masalah kapasitas guru honorer juga dipertanyakan. Pasalnya, beberapa syarat seperti pendidikan minimal S-1 dan memiliki kejurusan harus dipegang.
“Apakah guru honorer ini benar ji kah guru. Sudah sesuaikah syarat guru itu dengan guru honorer, sudahkah dia S-1, punyakah akta empat, sesuaikah dengan penjurusannya,” tegas Irman.
Meski begitu, Irman mengaku masih akan mengkonsultasikan permasalahan ini ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) serta kebagian keuangan daerah apakah dananya tersedia.
“Sisa badan keuangan sebentar, ada tidak uangnya. Terus BKN dengan BPK bilang tidak ada masalah, kenapa tidak,” tutup Irman.(*)