Status Persebaya Surabaya Akhirnya Diakui PSSI

Logo Persebaya Surabaya
Logo Persebaya Surabaya
© int

Online24, Bandung – Pada Kongres PSSI di Hotel Aryaduta, Bandung, Jawa Barat, Minggu (8/1/2016), tim kebanggaan arek Surabaya, Persebaya akhirnya statusnya dipulihkan menjadi anggota PSSI.

Tim Bajul Ijo itu bakal dimasukkan di Divisi Utama atau satu level di bawah kompetisi utama di Indonesia.

Keputusan Persebaya bisa kembali aktif ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi dan disetujui oleh pemilik suara PSSI meski dalam perjalanannya ada yang menginginkan klub ini bisa tampil dikasta yang lebih tinggi.

“Persebaya akan ditempatkan di Divisi Utama. Jika ingin turun di level yang lebih tinggi tunggu degradasi tim peserta kompetisi tertinggi musim depan,” ujar Edy Rahmayadi yang langsung disambut tepuk tangan peserta kongres.

Dengan diakuinya Persebaya menjadi anggota PSSI maka tim kebanggaan Surabaya dipastikan bisa kembali berkiprah. Apalagi tim ini memiliki pendukung fanatik atau lebih dikenal dengan istilah Bonek. Bahkan, ribuan Bonek juga hadir di seputaran Bandung.

Persebaya, lanjut Edy, merupakan satu dari lima tim legenda yang keberadaannya harus kembali dimunculkan. Selain tim yang berjuluk Bajol Ijo, tim legenda yang harus muncul adalah PSM Makassar, Persib Bandung, Persija Jakarta dan PSMS Medan.

“Harapan kami kelima tim legenda ini bisa berkiprah dikancah persepakbolaan nasional dan kedepan mampu kembali melahirkan pemain-pemain timnas,” kata Ketum PSSI yang juga Pangkostrad itu.

Selain Persebaya, tim yang statusnya dipulihkan adalah Persema Malang, Arema Indonesia, Persibo Bojonegoro, Persipasi Kota Bekasi, Persewangi Banyuwangi, dan Lampung FC. Hanya saja keenam tim ini hanya bisa turun di Liga Nusantara. (*)