ISL Digelar Akhir Maret, Jumlah Klub Peserta Divisi Utama Dipangkas

Editor : ifan Ahmad

Online24, Bandung – Setelah beberapa tahun terakhir vakum, kompetisi tertinggi di Tanah Air yaitu Indonesia Super League (ISL) akan digelar pada 26 Maret 2017, sementara Divisi Utama akan digelar satu pekan sesudahnya.

Hal itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, dalam Kongres Tahunan PSSI 2017 yang digelar di Hotel Aryaduta, Bandung, Minggu (8/1/2017).

Meski bakal digulirkan, namun belum diputuskan siapa yang bakal menjadi operator. Sebelumnya, kompetisi tertinggi di Tanah Air ini dikendalikan PT Liga Indonesia. Saat ini juga muncul nama baru operator yaitu PT Gelora Trisula Semesta (GTS).

Dalam kongres kali ini, PSSI mengungkap rencana akan ada perubahan signifikan mengenai jumlah peserta Divisi Utama untuk musim 2018.

Dari 32 klub yang terdaftar untuk Divisi Utama 2017 rencananya akan dipangkas menjadi hanya 24 klub pada musim 2018. Nantinya, dari 24 klub itu akan terbagi dalam dua wilayah.

“ISL tetap diikuti 18 tim. Kompetisi dipastikan digelar mulai 26 Maret,” ujar Sekjen PSSI Ade Wellington di sela kongres PSSI.

Tidak hanya kompetisi ISL yang bakal digulirkan, kompetisi di bawahnya juga bakal digulirkan dalam waktu yang bersamaan. Untuk kompetisi Divisi Utama, sesuai dengan rencana bakal digulirkan 20 Maret. Kompetisi berikutnya yang bakal digelar adalah Liga Nusantara.

“Untuk divisi utama pada 2018 bakal ada pengurangan jumlah tim yang cukup signifikan. Khusus tahun ini divisi utama bakal terbagi dalam dua grup,” kata Ade Wellington menambahkan. (*)