Putu Cangkir, Kue Tradisional Yang Masih Eksis

    Editor : ifan Ahmad

    Maintan Deng Taco (32), salah satu pedagang putu cangkir di jl Hertasning baru
    Maintan Deng Taco (32), salah satu pedagang putu cangkir di jl Hertasning baru
    Online24, Makassar – Salah satu kuliner khas tradisional nyatanya sampai saat ini masih digandrungi masyarakat di Kota Makassar. Salah satu kuliner tradisional tersebut adalah putu cangkir.
    Maintan Deng Taco (32) salah satu pedagang putu cangkir di jalan Hertasning Baru, mengaku telah berjualan putu cangkir sejak tiga tahun lalu.
    “Sudah 3 tahun, saya memang dari awal menjual putu disini, kalau kue lain banyak sekali kerjaannya. Kalau putu gampang ji,” jelasnya, Minggu (8/1/2017).
    Putu cangkir yang dijual olehnya tersedia tiga varian, diantaranya putu hitam, putu cangkir cokelat dan putu cangkir putih.
    Putu cangkir hitam berasal dari bahan dasar beras ketan hitam, sedangkan putu cangkir cokelat berbahan beras ketan hitam yang dicampur gula merah dan putu cangkir putih berbahan beras ketan yang dicampur gula pasir.
    Maintan mengaku putu cangkir yang paling banyak dikejar oleh pembeli yakni putu cangkir berwarna cokelat.
    “Yang paling banyak dibeli itu yang cokelat. Putih sama hitam ada ji juga yang beli,”
    “Kalau hari biasa saya sediakan 15 liter, putu cokelat 10 liter terus yang hitam sama putih dua setengah liter. Tapi kalau hari minggu 20 liter, 15 liter yang cokelat terus yang hitam sama putih sama dua setengah,” ungkapnya.
    Sudah banyak yang menjadi pelanggannya, tidak hanya di Kota Makassar bahkan putu dagangannya ini sudah sampai ke Jakarta hingga Surabaya.
    “Setiap hari alhamdulillah habis semua, keuntungannya sampai 2 kali lipat dalam sebulan itu. Masih banyak orang yang suka ji putu. Sudah banyak juga langganan, malahan sampai dikirim Jakarta, Surabaya sampai 100 biji pesanannya,” katanya lagi.
    Harga satuan putu cangkir dijualnya Rp 1000 per biji. Maintan berjualan putu cangkir setiap hari, dihari biasa mulai dari jam 3 sore hingga jam 11 malam. Sedangkan hari Minggu mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 9 malam.