Barcelona Ditahan Imbang Villareal 1-1

Striker Barcelona, Luis Suárez berusaha melewati pemain bertahan Villareal pada laga jornada 17 La Liga Spanyol, di El Madrigal, Senin (9/1/2017)
Striker Barcelona, Luis Suárez berusaha melewati pemain bertahan Villareal pada laga jornada 17 La Liga Spanyol, di El Madrigal, Senin (9/1/2017)

Online24, Villareal – Langkah Barcelona mencuri poin penuh dan mendekati Real Madrid pada laga jornada 17 La Liga pekan harus terhambat, karena mereka ditahan imbang Villarreal dengan skor 1-1 di El Madrigal, Senin (9/1/2017).

Di babak pertama, pertandingan sedikit monoton. Tidak ada gol yang tercipta. Di babak kedua, barulah laga menjadi lebih hidup, terutama setelah Villarreal mencetak gol lebih dulu ke gawang Barca melalui Nicola Sansone. Setelah menyerang berkali-kali, Barcelona akhirnya baru bisa mencetak gol di menit-menit akhir laga melalui free kick Lionel Messi.

Pertandingan diawali dengan tempo cukup tinggi. Pasalnya Villarreal langsung bermain menyerang sejak laga bergulir. Mereka seperti tak mau Barcelona mengendalikan tempo permainan, dan mencetak gol lebih dulu.

Bola pun hanya sering berada di lini tengah. karena Villareal sering melakukan pressing sejak dari depan. Aliran bola pemain Blaugrana dari belakang ke tengah dan depan pun tersendat.

Meski demikian, Barca beberapa kali berhasil menembus pertahanan The Yellow Submarine. Namun permainan gemilang Asenjo dan solidnya lini belakang Villareal membuat Blaugrana gagal mencetak gol.

Pertandingan di babak pertama pun berakhir tanpa gol.

Di babak kedua, Luis Enrique dan Fran Escriba terlihat mengubah taktik permainannya. Laga babak kedua pun akhirnya berlangsung lebih menarik dari pada babak pertama. Selain menarik, lebih banyak peluang yang tercipta di babak kedua ini.

Kenginan mencetak gol lebih dahulu, Barca malah kebobolan lewat serangan balik Villareal. Lewat umpan Soriano kepada Pato, dan membuat striker asal Brasil itu membawa bola dengan cepat melewati garis tengah dan mendekati kotak penalti Blaugrana. Pato kemudian memberikan umpan terobosan pada Nicola Sansone yang berlari di area kanan. Meski sudah berusaha diblok oleh Neymar, namun Sansone masih bisa melepas sepakan yang tak terlalu keras namun akurat ke tiang dalam Barca.

Gol tersebut memantik Barca untuk bermain lebih ofensif. Mereka pun langsung mengurung pertahanan tuan rumah dan melontarkan serangan dari berbagai sisi lapangan. Peluang emas muncul pada menit ke-74. Di sekitar garis penalti, Messi dikepung sejumlah pemain Villarreal. Namun masih ada celah baginya untuk melepas tendangan melengkung ke tiang jauh dengan kaki kirinya. Namun bola hanya mengenai tiang gawang.

Serangan terus dilakukan Barcelona, namun skuat Villarreal tak bergeming dengan serangan-serangan sang lawan. Meski demikian, pertahanan mereka akhirnya jebol juga pada menit ke-90.

Barca mendapat tendangan bebas dari jarak sekitar 17 meter setelah Messi dijatuhkan Bruno. Messi mengeksekusi free kick tersebut dengan elegan. Bola sepakannya mengarah ke sudut kanan atas gawang tanpa bisa dihalau oleh Asenjo.

Setelah itu, meski Villarreal bermain dengan 10 orang, karena Jaume Jorda diberi kartu merah, Barca tak bisa memanfaatkan keunggulan pemain tersebut. Laga ini berakhir imbang 1-1.

Hasil imbang ini tentu saja membuat langkah Barca menggusur Sevilla dan mendekati Real Madrid terhambat. Mereka kini mengoleksi 35 poin dari 17 laga. Sementara Villarreal tetap bertahan di posisi lima dengan koleksi 30 poin.