Disdik Sulsel: 180 SMK Dinyatakan Siap UNBK, SMA Masih Berproses

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan sedang melakukan persiapan terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/SMK sederajat, utamanya pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo, mengatakan, saat ini SMK yang terdata akan melakukan UNBK sekitar 180 sekolah, sedangkan SMA masih sementara berproses.

“SMA masih berproses, kemungkinan di atas 180 sekolah. Mungkin semuanya bisa di atas 300 sekolah,” ungkap Irman, Selasa (10/1/2017).

Irman mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terkait kesiapan sarana dan prasarana sekolah, yang telah terdata akan melakukan UNBK tersebut.

Selain itu, Disdik Sulsel juga akan mencoba menjaga ketersediaan cadangan jaringan. Hal ini untuk memastikan kelancaran pelaksanaan UNBK bagi siswa. Pihaknya akan bekerjasama dengan Telkom dalam penyediaan jaringan ini.

“Kita akan memeriksa, termasuk untuk penambahan bandwidht sebanyak 2 Gigabyte. Melalui Telkom dengan kapasitas 4G di sekitar tempat penyelenggaraan. Tempat penyelenggara, areanya harus berbasis 4G,” terang Irman.

Untuk pelaksanaan UNBK tahun 2017 ini, Irman mengatakan hampir semua kabupaten/kota melaksanakannya. Tidak seperti tahun sebelumnya, yang hanya dilaksanakan oleh sekolah di kota.

“Tersebar di Sulsel. Paling banyak (sekolah penyelenggara UNBK) untuk saat ini Makassar, kemudian Bone, dan Gowa,” tambah Irman.