SYL Ingin Seluruh Sekolah Bisa Ikut UNBK

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo
© Yusrifar/Online24

Online24, Makassar – Sejak diberlakukannya sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), masih banyak sekolah yang belum mampu mengikutinya karena terkendala sarana prasarana.

Khusus di Sulawesi Selatan, sudah ada sekitar 180 SMK yang dinyatakan siap untuk mengikuti UNBK, sementara SMA masih dalam tahap pendataan. Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo berharap agar seluruh sekolah dapat ikut UNBK ditahun 2017.
“Kalau saya mau semua harus dipaksakan masuk ke UNBK,” tandas Syahrul, Selasa (10/1/2017).
Syahrul mengatakan, Pemprov tentu akan melihat terlebih dulu berapa kebutuhan yang sekolah yang dapat dibantu oleh pemerintah.
“Sepanjang kita punya kemampuan akan kita keluarkan. Kita mau masalah pendidikan kita lebih clear disini, sembilan tahun kita sudah genjot,” jelasnya.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan Pemprov sudah memiliki anggaran terkait bantuan komputer untuk sekolah yang membutuhkan, namun Irman tidak menyebut jumlah pasti anggaran tersebut.
“Ada sih bantuan anggaran tapi tidak semua bantuan anggaran untuk komputer,” terang Irman.
Namun, mantan Kepala Badan Diklat Sulsel tersebut mengaku sekolah yang kekurangan komputer ditahun 2017 terancam tidak menerima bantuan. Pasalnya, sekolah yang membutuhkan terlebih dulu harus melakukan tender.
“Itu butuh proses, karena regulasi mengatakan harus tender. Saya tidak tahu terkejar tidak di UNBK,” tambahnya.