Piala Dunia 2026 Akan Diikuti 32 Tim Peserta

Trofi piala dunia
Trofi piala dunia
© int

Online24, Zurich – Peserta putaran final Piala Dunia secara resmi diputuskan oleh FIFA menjadi 48 tim. Kejuaraan akbar sepakbola ini semula hanya mengikutkan 32 tim ini akan dimulai pada Piala Dunia 2026.

Sebelumnya ide Piala Dunia dengan format 48 peserta memang diungkapkan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Dalam pemungutan suara yang digelar di Zurich, Selasa (10/1), 37 Dewan FIFA diminta memilih beberapa alternatif yakni memakai format 48 peserta, 40 peserta, atau tetap 32 seperti sekarang. Dan dalam voting, ternyata semua peserta secara bulat menerima usulan memakai format 48 peserta.

Usulan ini sempat ditentang oleh beberapa negara seperti Jerman dan Inggris. Sementara mereka yang setuju antara lain dari negara-negara Afrika.

Dengan perubahan ini maka ke-48 peserta yang lolos ke putaran final akan dibagi ke dalam 16 grup yang terdiri dari tiga negara. Dua tim teratas akan lolos ke babak 32 besar yang memakai sistem gugur.

Berdasarkan riset internal FIFA, perluasan peserta Piala Dunia akan menambah keuntungan sekitar US$ 1 miliar, sehingga keuntungan total dari event sekitar £3,5 miliar. (*)