Dari 86 Pelaku Pencurian, 40 Persen Anak di Bawah Umur

Reporter :
Editor : Lucky
Pelaku pencurian yang  diamankan Polrestabes Makassar
Pelaku pencurian yang diamankan Polrestabes Makassar

Online24, Makassar – Dari 86 pelaku yang berhasil diamankan jajaran Polrestabes Makassar diawal tahun 2017, sebanyak 40 persen pelaku masih di bawah umur.

Angka tersebut membuat Wakapolrestabes Makassar, AKBP Hotman Siraid, merasa prihatin. Hal itu diungkapkannya saat menggelar pengungkapan kasus diawal tahun 2017 di Mapolrestabes Makassar Jalan Ahmad Yani, Rabu (11/1/2017).

“Berbeda dari biasanya dimana kita mengungkap kasus tiga bulan sekali, kali ini dari tanggal 1 Januari hingga sekarang ada 86 tersangka. Ironisnya, sebanyak 40 persen adalah anak di bawah umur dan itu perlu menjadi perhatian kita,” ujarnya.

Menurutnya, diperlukan adanya sinergitas dari semua pihak baik keluarga maupun lingkungan bagaimana meminimalisir jumlah tindak kejahatan yang dilakukan anak di bawah umur.

“Semua pihak harus prihatin dengan angka sebesar ini. Dari catatan kami, ada tersangka yang kembali mengulang perbuatannya. Ini dapat kita jadikan bahan evaluasi terkait pola pembinaan setelah mereka bebas,” lanjutnya.

Masyarakat juga diimbau untuk melakukan pembinaan positif terhadap tersangka yang nantinya bebas sehingga tidak lagi mengulangi perbuatannya.(*)