Ribuan Warga Tolotang Sidrap Rayakan Hari Parinyameng

Reporter :
Editor : Asri Muhammad

Ribuan Warga Tolotang Sidrap Rayakan Hari Parinyameng
Ribuan Warga Tolotang Sidrap Rayakan Hari Parinyameng

Online24, Sidrap – Ribuan warga Sidrap penganut Hindu paham Towani Tolotang, berkumpul di Amparita, Kecamatan Tellu Limpoe, Kabupaten Sidrap untuk merayakan hari Parinyameng yang digelar setahun sekali, Rabu (11/1/2017).

Perayaan ini, mirip dengan Idul Fitri bagi umat Muslim ataupun Natal bagi umat Nasrani. Dalam perayaan ini, dihadirkan berbagai kegiatan seperti Adat Tahunan dan Tradisi Massempe atau adu kaki.

“Meski umumnya penganut Towani Tolotang ini mengantongi KTP dengan identitas Agama Hindu yang tertera di KTP mereka, namun mereka umumnya tidak ikut merayakan hari raya nyepi seperti umat Hindu lainnya,”ungka Ketua Panitia, Watta Wa Eja yang juga anggota DPRD Kabupaten Sidrap.

Dalam perayaan ini, jemaat Towani Tolotang yang tiba lebih awal berjalan tanpa alas kaki  ke Parinyameng. Saat mengadiri perayaan ini, para lelaki menggunakan sarung, sementara para perempuan memakai kebaya

Komunitas ini, membawa sejumlah  kuda yang ditumpangi para pemuka Towani Tolotang  atau yang disebut Uwa. Sementara pengikut lainnya, beriringan di samping kuda menuju tempat ziarah kubur di Parimenyang.

Perayaan ini, mendapatkan pengawalan ketat dari Polres Sidrap dan Satpol PP.(*)