Permasalahan Gaji Pegawai, BPKD Sulsel Tunggu Berkas Lengkap

Editor : Asri Muhammad
Permasalahan Gaji Pegawai, BPKD Sulsel Tunggu Berkas Lengkap
Permasalahan Gaji Pegawai, BPKD Sulsel Tunggu Berkas Lengkap

Online24, Makassar – Permasalahan pembayaran gaji pegawai sejauh in,i juga berimbas pada guru dan sejumlah pegawai yang beralih ke provinsi dari kabupaten/kota.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Andi Arwien Azis menjelaskan, pengalihan kewenangan ini sudah dibahas bersama. Khusus di Dinas Pendidikan, ada banyak pegawai yang pindah yakni sekitar 15 ribu orang yang datanya harus diverifikasi ulang.

“Sekarang masih dilakukan verifikasi, memastikan kebenaran data pegawai yang ada. Kami sudah katakan bisa memasukkan secara bertahap kalau rampung, sambil menunggu yang lain,” kata Arwien, Minggu (15/1/2017).

Arwien juga menegaskan pihaknya sama sekali tidak pernah menghalangi gaji untuk para pegawai, namun ada tahapan yang harus dilalui. Salah satunya data guru harus lengkap dokumennya, yang sementara ini dirampungkan.

“Anggaran ada. Kalau memang Senin nanti mereka masukkan (berkas), bisa segera diurus pencairannya,” jelasnya.

Arwien menambahkan bahwa pihaknya memaklumi jika Diknas memerlukan waktu dalam mengurus administrasi, karena pegawai yang dialihkan cukup banyak dan memerlukan waktu dan ketelitian.

“Berapapun pegawai yang sudah rampung berkasnya, silahkan saja, tidak perlu perlu saling menunggu,” paparnya.

Kepala BPKD Sulsel ini juga Arwien mengimbau agar SKPD segera memasukkan berkas untuk pembayaran gaji stafnya. Karena, kata dia, alokasi gaji yang diperuntukkan untuk PNS, sudah siap dicairkan.

“Kami sedang menunggu para SKPD memasukkan daftar kebutuhan gaji mereka. Kalau ada masuk hari ini, maka terima gaji besok termasuk guru,” kata Arwien.(*)