Nasib 350 Guru Honorer di Pinrang Belum Jelas

Reporter :
Editor : Fahmi
Online24, Pinrng – Status 350 guru honorer SMA dan SMK Pinrang belum jelas. Sudah tidak gajian, ditolak pula oleh Pemprov Sulsel. Pemkab Pinrang pun tak bisa berbuat apa-apa. Hanya menunggu kepastian Pemprov Sulsel, untuk bisa menerima dan menggaji ratusan honorer di bumi Lasinrang.
Kepala Dinas Pendidikan Pinrang, Andi Rudy Hamid mengatakan, status mereka kini tak jelas. Pemkab juga sudah melepaskan diri, tak lagi ingin memikirkan kondisi guru honorer saat ini.
Dia mengatakan, pekan lalu, sudah ada pertemuan dengan Dinas Pendidikan Sulsel terkait masalah honorer. Hanya saja, kata dia, Pemprov Sulsel tetap belum memastikan untuk mengakomodir guru honorer.
“Selama ini gaji mereka juga kita ambil dari dana gratis, hasil sharing pemprov dan pemkab. Tetapi itu hilang, makanya sharing kami hentikan,” ujar Rudy.
Selain status yang tak jelas, dia pun belum bisa memastikan akankah honorer bisa menerima gaji. “Pasti masih ada kelanjutan pembahasannya. Tidak mungkin ditelantarkan guru-guru honor,” jelas ipar bupati Pinrang itu.
Sementara untuk kepastian penggajian guru SMA dan SMK, belum diketahui. Bisa saja, kata dia, gaji Januari dibayar Februari.
Sekkab Pinrang, Syarifuddin Side juga tak ingin pusing soal honorer. “Bolanya sudah ada di pemprov, bukan lagi tanggung jawan Pemkab Pinrang,” imbuhnya.