Deputi RU Kemenkop Kunjungi PLUT KUMKM Sulsel

Editor : ifan Ahmad
Suasana konsultasi Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha (RU) Kementerian Koperasi dan UKM, Yuana Sutiyowati dengan konsultan bisnis PLUT KUMKM Sulsel
Suasana konsultasi Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha (RU) Kementerian Koperasi dan UKM, Yuana Sutiyowati dengan konsultan bisnis PLUT KUMKM Sulsel

Online24, Makassar – Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha (RU) Kementerian Koperasi dan UKM, Yuana Sutiyowati mengunjungi Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan, di kawasan CCC Tanjung Bunga, Rabu (25/1).

Dalam kunjungan ini hadir pula mendampingi Deputi Asdep Bidang Pendampingan Usaha, Eviyanti dan Kabid Pemantauan Usaha, Sutarmo. Pertemuan ini dihadiri pula oleh Abdul Azis Bennu mewakili Diskop UMKM Sulse,l dan segenap konsultan PLUT KUMKM Sulsel.

Dalam kesempatan ini, Deputi RU berdiskusi dengan konsultan bisnis PLUT KUMKM Sulsel sebagai ujung tombak Kementerian Koperasi dan UMKM dalam melakukan pendampingan. Yuana berharap agar para konsultan PLUT mampu bersinergi dengan berbagai pihak dalam melaksanakan pendampingan, lebih bersemangat dan menebar manfaat yang berkelanjutan dan terarah bagi peningkatan daya saing KUMKM.

”PLUT KUMKM sebagai representasi deputi restrukturisasi usaha, meliputi upaya melakukan pembenahan dan perbaikan usaha supaya dapat terus unggul dalam persaingan, tumbuh dan berkembang. Karena itu layanan PLUT sama dengan keberadaan asdep di deputi restrukturisasi usaha meliputi aspek kelembagaan, Sumber Daya Manusia, produksi, pembiayaan, dan pemasaran. Untuk PLUT KUMKM tingkat provinsi ditambahkan bidang pengembangan IT dan bidang pengembangan jaringan kerjasama,” ujarnya.

Deputi RU kemenkop juga menyampaikan beberapa program kedepannya yang diharapkan optimalisasi peran PLUT KUMKM antara lain, fasilitasi izin usaha mikro dan kecil (IUMK), menindaklanjuti MoU Deputi RU Kemenkop dengan PT Lotte Mart Hole Saller untuk pemasaran produk KUMKM, program kampong UKM digital kerjasama PT. Telkom, peningkatan kapasitas pendamping melalui uji kompetensi dan tindak lanjut berbagai perjanjian kersama dengan kementerian terkait.

“Pada diri konsultan harus ada mental juara, berupaya untuk membuat program yang berhasil dari goal yang telah ditentukan. PLUT KUMK  diharapkan melalukan pendampingan yang bersifat hulu ke hilir,” tandasnya.

Bahrul Ulum Ilham

Konsultan PLUT KUMKM Sulsel

Melaporkan dari Makassar