Jalan Desa Soreang Rusak Akibat Tambang, Camat Mapsu Diduga Main Mata

Reporter :
Editor : Endhy
Kondisi Jalan di Desa Soreang yang mengalami kerusakan parah, Sabtu (28/1/2017)
Kondisi Jalan di Desa Soreang yang mengalami kerusakan parah, Sabtu (28/1/2017)

Online24, Takalar – Jalan sepanjang kurang lebih 1 Km di Dusun Soreang, Desa Soreang, Kecamatan Mappakasunggu rusak berat. Jalan yang merupakan satu satunya akses menuju Kota Takalar ini rusak akibat keberadaan puluhan truk pengangkut hasil tambang galian di desa tersebut.

“Pasca adanya aktivitas tambang beroperasi di desa kami ini, infrastruktur jalan sepanjang 1 Km telah mengalami kerusakan yang cukup parah. Ironisnya, kondisi jalanan seperti ini dibiarkan berlangsung tanpa ada protes, baik dari pemerintah setempat hingga pemerintah Kabupaten,” Kata Daeng Kilo, warga Desa Sereang, Sabtu (28/1/2017).

Menurutnya lagi, Camat Mappakasunggu, Fatmawati, sebelum aktivitas tambang beroperasi di wilayahnya dikenal getol melakukan pelarangan aktivitas tambang, namun entah apa yang membuat camat tidak bersuara lagi, sehingga penambang saat ini leluasa membuka tambang.

“Kuat dugaan Camat Mappakasunggu main mata dengan penambang, sehingga aktivitas tambang yang sudah merusak jalan di Desa Soreang dibiarkan berlangsung. Padahal jauh sebelum ada tambang, Camat alumni STPDN ini getol melarang adanya tambang,” ungkap warga Mappakasunggu yang enggan disebut namanya.