Mitologi Cina: Shio Ayam Tidak Cocok Dengan Shio Kelinci

Reporter :
Editor : ifan Ahmad
Warga Tionghoa menyimpan dupa di tungku abu usai berdoa di Klenteng Xian Ma
Warga Tionghoa menyimpan dupa di tungku abu usai berdoa di Klenteng Xian Ma

Online24, Makassar – Dalam mitologi Cina, dikenal 12 shio atau simbol hewan Cina yang mewakili 12 siklus tahunan. Menurut kepercayaan warga Tionghoa, setiap manusia memiliki shio yang ditentukan sejak mereka lahir. Mereka juga memercayai beberapa shio yang tidak memiliki kecocokan jika berpasangan dengan shio lainnya.

Seperti pada perayaan tahun baru Imlek 2568 dengan simbol tahun Ayam Api. Shio Ayam Api sesuai kepercayaan warga Tionghoa tidak memiliki kecocokan ketika berpasangan dengan sesama shio Ayam Api dan shio Kelinci. Sebagaimana dikatakan Humas Klenteng Xian Ma, Robbyanto, kedua shio ini memiliki bala yang sangat besar.

“Ini tahun kan tahun Ayam, tidak cocok dengan sesama ayam dan tidak cocok dengan shio kelinci. Orang yang tidak cocok shionya dalam setahun itu kadang-kadang ada masalah yang menghampiri mereka,” kata Robby di Klenteng Xian Ma, Jalan Sulawesi, Sabtu (28/1/2017).

Ia melanjutkan, untuk menjauhkan diri dari malapetaka, pasangan shio ini dianjurkan untuk bersembahyang serta mempersembahkan sesajen kepada Dewa Harimau.

“Olehnya itu, kami membawa daging dan dimasukkan ke mulutnya Dewa Harimau. Kemudian kami berdoa supaya malapetaka dan marabahaya jauh dari kehidupan kami,” lanjutnya.

Robby juga mengatakan, makna simbol dari tahun shio Ayam Api ini, bagi yang memiliki shio Ayam sesuai kepercayaannya maka gampang bergaul, bekerja baik dan tegas.

“Namun dibalik itu, mereka juga kadang-kadang sedikit tempramen ketika kerjaannya belum selesai dan mau cepat beres,” tutupnya.