Firman Utina Pendam Hasrat Berseragam PSM Makassar

Editor : ifan Ahmad

Jakarta – Lini tengah timnas Indonesia pada era tahun 2001-2014 pernah diperkuat sosok gelandang jenius pada diri Firman Utina.

Sementara di level klub, Firman pernah memperkuat sejumlah tim, seperti Persma Manado, Persita Tangerang, Pelita Jaya, Arema Malang, Persija Jakarta, Sriwijaya FC dan Persib Bandung.

Pemain yang kini berusia 35 tahun itu merasakan sukses meraih gelar saat memperkuat Arema, Sriwijaya, dan Persib. Bersama Arema, Firman mendapatkan gelar Copa Indonesia 2005 dan 2006. Saat berkostum Sriwijaya, Firman meraih gelar juara Community Shield 2010 dan ISL 2012. Sedangkan ketika membela Persib, Firman merasakan gelar ISL 2014 dan Turnamen Piala Presiden 2015.

Dikutip dari bola.com, meski sudah memperkuat sejumlah tim dan mendapatkan beberapa trofi, Firman mengungkapkan memendam hasrat untuk memperkuat dua tim besar di Indonesia. Tim tersebut adalah PSM Makassar dan Persipura Jayapura.

“Saya belum pernah bergabung dengan PSM dan Persipura, yang merupakan tim besar di Indonesia. Dulu setelah meninggalkan Manado, saya memang punya keinginan untuk bermain di klub yang letaknya jauh dari Manado,” tuturnya.

Firman mengatakan, sempat ada tawaran untuk memperkuat Persipura. Hal tersebut terjadi pada era tahun 2000-an. Ia tak menerima tawaran tersebut karena punya pertimbangan sendiri.

“Saat itu saya masih mau mencari pengalaman di klub yang jauh dari Manado. Saya punya keinginan memperkuat PSM, ke Persipura, lalu pulang ke Persma,” ujarnya lagi.

Hanya saja, keinginan tersebut rupanya hingga sekarang belum terlaksana. Hasrat untuk pulang ke Manado dan membela Persma juga tak bisa kesampaian karena klub tempat Firman mengawali karier itu sekarang telah bubar.

Saat ini Firman Utina sudah memastikan akan memperkuat tim baru pada kompetisi musim depan. (*)