BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Cek Kesehatan Via Handphone

Reporter :
Editor : Asri Muhammad
BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Cek Kesehatan Via Handphone
BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Cek Kesehatan Via Handphone

Online24, Makassar – Dalam rangka meningkatkan pelayanan, BPJS Kesehatan meluncurkan fitur mobile skrining pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile. Jika sebelumnya peserta JKN-KIS hanya dapat melakukan skrining riwayat kesehatan secara manual di kantor cabang BPJS Kesehatan atau faskes mitra, maka sekarang bisa secara mobile dengan fitur ini.

BPJS Kesehatan KCU Makassar memperkenalkan fitur itu di kantor BPJS KCU, Jalan AP Petarani, Makassar, Rabu (1/2/2017).  Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kota Makassar dan juga sejumlah awak media.

Dengan skrining ini, kita bisa mengetahui resiko penyakit pada diri kita. Karena kita kadang merasa sehat tapi ada gejala-gelaja yang harus diwaspadai. Hasil dari skrining ini, jika ada resiko suatu penyakit, maka disarankan untuk segera memeriksakan diri ke Faskes tingkat pertama,” ujar Kepala BPJS KCU Makassar, Untung Patri Wicaksono Pribadi.

Peserta dapat mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store, kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan. Setelah terdaftar dan mengklik tombol log in, peserta dapat memilih menu Skrining Riwayat Kesehatan.

Kemudian, peserta akan diminta mengisi 47 pertanyaan yang terdiri dari kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta, dan pola makan peserta. Apabila semua pertanyaan tersebut telah dijawab, maka peserta akan memperoleh hasil skrining riwayat kesehatan pada saat itu pula.

Jika peserta memiliki risiko rendah, maksa disarankan untuk menjaga pola hidup sehat dan melakukan latihan fisik minimal 30 menit setiap hari. Namun, apabila terdeteksi memiliki potensi sedang atau tinggi, misalnya risiko diabetes melitus, maka peserta akan memperoleh nomor legalisasi atau nomor skrining sekunder dan akan diarahkan untuk mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) tempatnya terdaftar untuk melakukan pengecekan.

Sementara itu, perwakikan Dinkes kota Makassar, Dokter Irma sangat mengapresiasi fitur skrinig tersebut.

“Saya juga baru tau hari ini soal fitur skrinig. Saya rasa fitur ini sangat pas di era modern seperti sekarang ini. Hampir semua kalangan masyarakat sekarang punya ponsel pintar, jadi sangat bagus sekali,” ujarnya.

 

[fbcomments]