Deng Ical Apresiasi Program Bintang Muda

Editor : ifan Ahmad

Online24, Makassar – Wakil Walikota Makassar, DR.H.Syamsu Rizal,MI, S.Sos, M.Si yang akrab disapa Deng Ical mengapresiasi program “Bintang Muda” yang dilaksanakan oleh CARE International Indonesia (CII) di Makassar. Apresiasi dan dukungan Deng Ical mewakili pemerintah kota disampaikan saat menerima kunjungan pihak CARE dan komunitas Bintang Muda, Jumat (3/2) di ruang kerja Wakil Walikota, lantai 11 menara Balaikota Makassar.

Dalam kesempatan ini, hadir ibu Erlyn Shukmadewi, selaku EED manager CARE International Indonesia, Nirma Hasyim selaku Project Coordinator Bintang Muda dan Project officer, Muhammad Idhan. Hadir juga bapak Darto, Prosper Project dan pengusaha muda perempuan  yang tergabung dalam Bintang Muda.

“Pemerintah kota Makassar sangat berterimakasih dengan program Bintang Muda yang telah menciptakan wirausaha muda perempuan. Ini berarti menambah penggerak perekonomian yang ada di masyarakat, utamanya sektor usaha mikro dan kecil,” ujarnya.

“Hadirnya CARE International Indonesia (CII) ataupun elemen luar lainnya di Makassar menjadi mitra Pemkot dalam memaksimalkan sumber daya yang ada sehingga berperan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambah Deng Ical.

Mewakili CARE International Indonesia, Erlyn Shukmadewi mengatakan, “Bintang Muda” adalah sebuah program yang bertujuan mendorong peningkatan kapasitas usahawati muda di Kota Makassar untuk mengembangkan usaha kecil mereka melalui pelatihan dan pendampingan serta dukungan lainnya. Program yang berlangsung sejak tahun 2015 ini memberikan pelatihan dan pendampingan meliputi perencanaan usaha, produksi, efisiensi, kualitas akses pasar keuangan, termasuk pula bagaimana seorang entrepreneur memiliki kesiapsiagaan mengahadapi bencana dalam bisnisnya (disaster preparedness for business).

“Program Bintang Muda yang melibatkan mitra lokal Makassarpreneur telah melatih 208 perempuan usia 18-30 tahun, lalu tersaring lagi sebanyak 40 perempuan muda untuk menjalankan usaha mikro dan kecil yang menjanjikan. Saat ini anggota Bintang Muda menjalankan berabagi usaha yang bervariasi seperti kuliner fashion maupun jasa,” tambahnya.

CARE International Indonesia (CII) adalah LSM Internasional yang telah beroperasi sejak tahun 1968 di Indonesia dalam program tanggap darurat, kegiatan transisi yang berfokus pada pertanian, gizi dan berbagai prakarsa pembangunan di berbagai bidang seperti air dan sanitasi, kesehatan dan usaha dan pengembangan ekonomi. Di Makassar, selain program Bintang Muda, di masa Walikota Ilham Arif Sirajuddin, Care Indonesia melaksanakan program pemanfaatan sarana air bersih dan sanitasi. Pada tahun 2017 ini, CARE International Indonesia akan melaksanakan “Program Prosper” berupa infrastruktur sanitasi di beberapa sekolah di kota Makassar.

 

Bahrul Ulum Ilham

Pendamping UMKM Makassarpreneur

Melaporkan dari Makassar