Makassar Siap Jadi Tuan Rumah Rakernas Dekopin 2017

Editor : ifan Ahmad
Rapat koordinasi panitia pusat dan panitia lokal Rakernas Dekopin, Senin (13/2) di Hotel Clarion Makassar.
Rapat koordinasi panitia pusat dan panitia lokal Rakernas Dekopin, Senin (13/2) di Hotel Clarion Makassar.

Online24, Makassar – Kota Makassar siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakernas I tahun 2017 Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), 20-21 Februari 2017 mendatang. Kesiapan ini mengemuka saat rapat koordinasi panitia pusat dan panitia lokal rakernas Dekopin, Senin (13/2), di Hotel Clarion Makassar.

Dalam rapat koordinasi ini dibahas terkait rencana pembukaan rakernas yang dipusatkan di tribun Lapangan Karebosi dengan peserta 3.000 orang serta rapat-rapat akan dilaksanakan di hotel Grand Clarion, Makassar. Kegiatan ini akan dihadiri oleh seluruh Pimpinan Paripurna, Majelis Pakar, Koperasi Sekunder/ Primer Nasional anggota Dekopin, Pimpinan Dekopinwil Seluruh Indonesia, Pimpinan Dekopinda Kabupaten Kota Se Sulawesi Selatan dan undangan instansi terkait.

Ketua Dekopinwil Sulsel, Rahman Halid mengatakan, pihaknya akan semaksimal mungkin untuk menyukseskan Rakernas Dekopin di Makassar, apalagi Makassar nantinya juga akan menjadi tuan rumah kongres koperasi ke-4 dan Harkopnas ke-70 pada bulan Juli 2017.

“Kita sangat mengapresiasi dukungan dari Pemerintah kota Makassar melalui Walikota untuk kesuksesan acara, hal ini sejalan dengan program menjadikan Makassar sebagai kota penggerak koperasi,” ujarnya.

Sekretaris Dekopinwil, Salman Sahmad mengatakan, Rakernas di Makassar sangat strategis seiring permasalahan dan tantangan koperasi yang semakin besar dengan kondisi zaman yang semakin dinamis.

“Rakernas juga akan menjadi wahana solidaritas dan soliditas gerakan koperasi nasional, terutama untuk di Sulsel dan Makassar,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid, di  Jakarta mengatakan, Rakernas Dekopin adalah rapat kerja untuk mempersiapkan Kongres Koperasi, Hari Koperasi Nasional, Expo Internasional, dan Kemah Koperasi. Semua diadakan di Makassar pada bulan Juli 2017 dan mengundang seluruh gerakan koperasi dunia anggota ICA (International Co-operative Alliance).

“Potensi kawasan Timur Indonesia akan menjadi daya tarik bagi masuknya koperasi-koperasi besar dunia,” ujarnya.

Sepanjang tahun 2017 Makassar akan menjadi kota yang berperan nyata dalam pembagunan koperasi di tanah air. Pada bulan Juli 2017 nanti Makassar akan menjadi tempat bersejarah sebagai tuan rumah kongres koperasi. Penyelenggaraan Kongres Koperasi ke-4 di kota Makasar akan  membahas khusus “Koperasi Pilar Negara”, bersamaan dengan penyelenggaraan Acara Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-70 Tahun 2017. Koperasi sebagai pilar negara adalah mimpi besar Dekopin tahun 2045 utuk mensejahterahkan bangsa Indonesia dan setelah melihat keberhasilan di banyak negara dalam menjalankan usaha koperasi.

Salman Sahmad, Sekretaris Dekopinwil

Melaporkan dari Makassar