Kalah di Pilkada, Baca Tips Ini Agar Tak Depresi

Reporter :
Editor : ifan Ahmad

Online24, Makassar – Kalah menang dalam sebuah permainan itu sudah lumrah. Termasuk kalah menang dalam pemilihan umum. Namun kekalahan tersebut jangan sampai membuat calon kepala daerah menjadi depresi bahkan kehilangan semangat hidup. Berikut ada tips dari seorang psikolog agar tak terlarut dalam kekalahan.

“Untuk menghadapi kerajaan seharinya calon kepala daerah sudah sejak awal mempersilakan mental mereka untuk kemungkinan terburuk sekalipun. Sedari awal mereka mengikuti Pilkada, harusnya mereka siap kalah dan siap menang,” ujar Dosen Fakultas Psikolog UNM, Kurniati Sainuddin.

“Tetapi jika mereka tidak siap mental untuk kalah, maka yang terpenting adalah dukungan kerabat dan keluarga. Jika pendukung, kerabat bahakan keluarga malah menjauhi mereka saat mereka kalah, ini bisa menjatuhkan mental mereka dan mereka akan semakin depresi,” imbuhnya.

Ia menambahkan, secara psikologis mungkin saat mendengar dirinya kalah, mereka akan merasa jatuh dan kecewa. Tetapi dengan dukungan dari pihak keluarga dan para pendukung, mereka akan cepat termotivasi untuk bangkit.

“Kalau terus diungkit kenapa dia kalah, lalu dia ditinggalkan maka dia akan sangat drastis perubahannya. Tetapi kalau semua memberikan suport, memberikan pengertian bahwa kekalahan tidak akan merubah hidup mereka, maka depresi tersebut akan berangsur menghilang,” pungkasnya.

“Intinya adalah, sebagai kerabat, keluarga dan pendukung harus membuat mereka yang gagal Pilkada bahwa kekalahan dalam Pilkada itu biasa terjadi dan itu bukan masalah yang besar. Tunjukan pada mereka bahwa kekalahan yang mereka alami tidak berdampak besar pada kehidupan mereka,” ujarnya.

Share artikel ini, mungkin ada kerabat, saudara dan keluarga yang tengah mengalami kegagalan dan berusaha untuk bangkit. Tips di atas akan sangat membatu mereka untuk bangkit kembali.