Lakukan Pungli ke Pedagang, Kepala Pasar Cakke Diringkus Lewat OTT

Editor : Fahmi
Wakapolres Enrekang, Kompol Aziz Taba
Wakapolres Enrekang, Kompol Aziz Taba

Online24, Enrekang – Selama sepekan melakukan pengintaian akhirnya tim Sapu Bersih (Saber) pungli Polres Enrekang berhasil meringkus TH (50), Kepala Pasar Cakke, Kecamatan Anggeraja, RS (40) dan HDR (50), keduanya Satpam Pasar Cakke, PG (70), honorer Kantor Camat Anggeraja dan ND (52) yang juga Satpam.

Kelima orang ini terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Saber Pungli yang dipimpin langsung oleh Wakapolres Enrekang, Kompol Aziz Taba, beberapa hari lalu. Namun kasus tersebut baru diungkap langsung ke awak media, Rabu (22/2/17).

“Saya dan tim setiap malam menyamar disekitar pasar. Sampai pada minggu ketiga pengintaian saya langsung tangkap tangan saat mereka mulai melakukan aksinya,” ungkapnya.

Kompol Aziz Taba mengatakan, OTT yang dilakukan di Pasar Cekke berawal dari keluhan dan keresahan masyarakat karena kelima oknum tersebut selalu memungut retribusi ke pedagang melebihi jumlah nominal yang tertera pada kupon yang mereka bagikan.

“Yang tertera di kupon hanya Rp 2000, tapi yang mereka tagih Rp 6000. Lalu kemana dia simpan kelebihan uang uang dia tagih setiap malam,” heran Aziz.

Aziz menambahkan, perbuatan yang dikomandoi oleh TH, sang kepala pasar sudah cukup lama dilakukan. Ketiga security yang setiap malam beroperasi diberi upah Rp 70 ribu sampai Rp 100 ribu perminggu oleh TH.

Rencananya, Kamis besok (23/2/17), kelima orang tersebut akan diserahkan kepada Pemerintah setempat dalam hal ini Bupati untuk diberikan pembinaan. Kelimanya masih diberikan ampunan dan kesempatan untuk memperbaiki diri.

Wakapolres Kompol Aziz Taba meminta kepada seluruh masyarakat agar betul – betul sadar hukum dan jangan melakukan pungli sekecil apapun jumlahnya.