Waspada, Konsumsi Susu Belut Akibatkan Gangguan Ginjal

Editor : Asri Muhammad
BPOM Makassar Amankan Ratusan Susu Penggemuk Palsu Siap Edar
BPOM Makassar Amankan Ratusan Susu Penggemuk Palsu Siap Edar

Online24, Makassar – Kabar buruk datang bagi anda yang rutin mengkonsumsi susu belut untuk menambah berat badan. Sebaiknya, anda berhati-hati untuk membeli susu belut yang beredar di pasaran. Pasalnya, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Makassar berhasil menyita ratusan bungkus susu belut yang mengandung bahan kimia.

Kepala Balai POM Makassar Muhammad Guntur mengatakan, dari hasil sitaan Balai POM di Kabupaten Pangkep, ada dua kesalahan dalam produk tersebut, yang pertama karena tidak ada izin edar (ilegal) dan yang kedua tidak mengandung susu ataupun belut.

Tambah Guntur, berdasarkan hasil uji laboratorium susu tersebut hanya mengandung tepung dan deksametason yang berbahaya jika dikonsumsi.

“Kandungan yang terdapat dalam deksametason berdampak pada kegemukan yang tidak terkendali bahkan mengakibatkan kerusakan pada ginjal dalam jangka panjang,” kata Guntur, Minggu (26/2/2017).

Sementara itu, menurut Kasi Penyidikan Balai Besar POM Makassar Sriyani mengatakan, produk susu belut yang diproduksi mengatasnamakan bahan tradisional. Namun, belakangan setelah hasil uji laboratorium ditemukan bahan kimia. Padahal sejatinya, obat tradisional tidak boleh dicampur adukkan dengan bahan kimia.

“Jika produk tersebut dikonsumsi secara rutin akan merusak ginjal secara kronis. Tidak hanya ginjal, konsumsi obat ini juga bisa mengakibatkan ganguan pada hati,” tutup Sri.