Kedatangan Raja Arab Saudi di Malaysia Disambut Karpet Mewah

Editor : Endhy
Kedatangan Raja Salman bersama 600 delegasinya ke Malaysia disambut langsung oleh PM Najib razak dan sejumlah pejabat negara lainnya di Bandara Kuala Lumpur, Minggi (26/2/2017)
Kedatangan Raja Salman bersama 600 delegasinya ke Malaysia disambut langsung oleh PM Najib razak dan sejumlah pejabat negara lainnya di Bandara Kuala Lumpur, Minggi (26/2/2017)

Online24, Kuala Lumpur – Pemerintah Malaysia menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Alsaud pada Minggu (26/2/2017) di Bandara Internasional Kuala Lumpur dengan sangat meriah.

Siaran televisi Malaysia memperlihatkan raja berusia 80 tahun itu terlihat turun dari pesawat menggunakan eskalator khusus yang sengaja dibawa delegasi Saudi. Karpet merah juga terpasang membentang dari tangga pesawat menuju ke tempat penjemputan Raja Salman.

Perdana Menteri Najib Razak bersama sejumlah petinggi negara lainnya juga terlihat hadir menyambut Raja Salman di bandara. Ini merupakan lawatan pertama Raja Saudi ke negeri Jiran sejak terakhir kali Raja Abdullah berkunjung pada 2006 silam.

Dari bandara, Raja Salman bersama sekitar 600 delegasinya digiring ke gedung parlemen Malaysia untuk menghadiri upacara kenegaraan. Kedatangan Raja Salman di parlemen disambut serangkaian upacara dan tembakan penghormatan dari aparat negara.

Delegasi Saudi bahkan turut menerbangkan dua mobil pribadi Raja Salman. Ratusan rombongan Saudi ini juga tinggal di tiga hotel mewah di Kuala Lumpur selama berada di Malaysia.

Dalam kunjungan empat harinya tersebut, Raja Salman dan PM Najib berencana memperkuat kerja sama ekonomi dan meningkatkan investasi Saudi di Malaysia, khususnya dalam bidang energi.

Perusahaan minyak Malaysia, Pertroliam Nasional Bhd (petronas dan Saudi Aramco akan menandatangani kesepakatan berkolaborasi dalam proyek Pengembangan Kilang dan Petrokimia Terintegrasi Malaysia (RAPID).

Proyek ini direncanakan bisa menggenjot perekonomian di Asia Tenggara yang selama ini terhuyung-huyung lantaran harga minyak dunia yang anjlok.

“Investasi Saudi di Malaysia diperkirakan dapat menciptakan ribuan lapangan pekerjaan. Kami bangga karena perusahaan Malaysia dipercaya untuk melaksanakan proyek-proyek di sejumlah lokasi bergengsi di Saudi,” ucap Najib.

Untuk diketahui, Kunjungan Raja Salman ke Malaysia ini merupakan bagian dari rangkaian lawatannya ke sejumlah negara di Asia.