Mobil Pelayanan Disdukcapil Enrekang Tak Terawat

Editor : Fahmi
Mobil pelayanan Disdukcapil Kabupaten Enrekang
Mobil pelayanan Disdukcapil Kabupaten Enrekang

Online24, Enrekang – Mobil pelayanan yang digunakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Enrekang adalah mobil ambulance bekas yang dipinjam pakai dari Dinas Kesehatan. Menurut Sekretaris Disdukcapil Iwan Adrian, mobil itu dipinjam dan digunakan sejak tahun 2012.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil adalah salah satu kantor layanan publik di Enrekang yang sarat dikunjungi orang setiap hari. Menurut Iwan, yang paling banyak dilayani adalah pemohon KTP, Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran.

Untuk memaksimalkan pelayanan, Dinas ini melakukan layanan mobile online dengan sistem jemput bola. Mobil online itulah yang selama ini masuk hingga pelosok desa untuk melakukan pelayanan pembuatan e-KTP, Kartu Keluarga dan akte kelahiran.

Saat ini mobil itu sudah sangat tidak laik pakai, semua catnya sudah mulai terkelupas. Menurut Iwan, pihaknya sudah pernah hearing dengan Anggota DPRD untuk membahas hal itu. Tapi sampai sekarang Disdukcapil belum juga mendapat mobil baru untuk melakukan pelayanan.

“Kami sudah pernah Hearing dengan DPRD, bahkan kami juga pernah melakukan ekspose bahwa kami sangat butuh mobil untuk operasional,” kata Iwan.

Padahal menurut Iwan jika dianggarkan mobil itu hanya berkisar Rp 350 juta. Iwan menambahkan untuk menjangkau sampai pelosok desa, idealnya mobil online untuk pelayanan adalah mobil double kabin.

[fbcomments]