Selayar, Calon ‘Bali’ di Indonesia Timur

Editor : Asri Muhammad

Online24, Makassar – Tidak lama lagi, Kementerian Pariwisata Indonesia akan menjadikan Kepulauan Selayar sebagai ‘Balinya’ Indonesia Timur. Banyaknya keindahan alam yang mempesona, menjadi salah alasan Kemenpar untuk mengembangkan Kepulauan Selayar.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Kepulauan Selayar memiliki potensi yang sangat besar khususnya wilayah pantai yang tidak kalah canti dari Pulau Dewata. Kedepannya, Kepulauan Selayar akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).
“Selayar itu intinya ada dua yang jadi fokus kami. Pertama Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK dan Sail Takabonerate,” ujar Arief seperti dikutp dari Detik.com, Rabu (8/3/2017).

Rencananya, KEK Selayar ini akan dikembangkan 2018 mendatang dengan luas lahan mencapai 500 hektar. Sementara itu, Kemenpar juga akan menggelar event internasional yaitu Sail Takabonerate pada 2019 mendatang. Rencananya, event ini akan digelar secara rutin setiap tahun.
“Silakan usulkan ke kami anggarannya. Tahun 2019, kita bisa laksanakan untuk Sail,” tambahnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali mengaku siap menerima tantangan Kemenpar tersebut dan saat ini sedang menyiapkan lahan yang dimaksud.

“Kita pun sudah buat tim. Termasuk Pak Sekda, sedang proses kesiapan lahannya. Pertama kita petakan dulu, mana lahan pemerintah dan mana yang harus dibebaskan,” kata Basli.

Terkait Sail Takabonerate, Basli mengaku siap jika diberi kepercayaan untuk menggelar event tersebut. Pasalnya, sudah menjadi keinginannya untuk memperkenalkan Selayar di kancah Internasional.

“Sail ini kan tidak sembarang digelar. Potensi kami sudah mendukung, tinggal bagaimana dukungan anggaran dari APBN. Kita berharap, itu segera bisa dialokasikan. Kalau pemda, kita selalu siap,” katanya.